Khasiat Memakan Buah Jambu Biji

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Suatu hari saya berku jung ke rumah pak Charlie melihat dia sedang buat juice jambu biji merah sebanyak 3 gelas , saya bertanya untuk apa? Katanya buat anak ya sedang demam berdarah karena trombosit berkurang,begiti pula ke rumah Bu Ayya juga sang juice buah jamu biji juga untuk anak ya demam berdarah karena trombosit menurun,lain hal kerumah putri yang menjual manisan jambu biji ini diasinkan jadi buah jambu biji manisan dan enak lezat di mulut.
Jambu biji mengandung antioksidan dan vitamin yang melimpah. Kandungan ini membuat manfaat jambu biji sebanding dengan rasanya yang nikmat dan segar. Yuk, simak beragam manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh!

Jambu biji berasal dari Amerika tropik, tumbuh pada tanah yang gembur maupun liat, pada tempat terbuka, dan mengandung air yang cukup banyak. Tanaman jambu biji (P. Guajava L.) ditemukan pada ketinggian 1m sampai 1.200 m dari permukaan laut. Jambu biji berbunga sepanjangtahun. Perdu atau pohon kecil, tinggi 2 m sampai 10 m, percabangan banyak. Batangnya berkayu, keras, kulit batang licin, berwarna coklat kehijauan.

Jambu biji (P. Guajava L.) tersebar meluas sampai ke Asia Tenggara termasuk Indonesia, sampai Asia Selatan, India dan Sri Lanka. Jumlah dan jenis tanaman ini cukup banyak, diperkirakan kini ada sekitar 150 spesies di dunia. Tanaman ini (P. Guajava L.) mudah dijumpai di seluruh daerah tropis dan subtropis. Seringkali ditanam di pekarangan rumah. Tanaman ini sangat adaptif dan dapat tumbuh tanpa pemeliharaan. Di Jawa sering ditanam sebagai tanaman buah, sangat sering hidup alamiah di tepi hutan dan padang rumput

Jambu biji dikenal sebagai buah tropis yang banyak tumbuh di Meksiko, Amerika Tengah, Karibia, dan Amerika Selatan. Buah yang juga disebut guava ini telah banyak dibudidayakan dan dapat dinikmati di banyak negara beriklim tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Jambu biji dapat dikonsumsi langsung ataupun dijadikan berbagai olahan, seperti jus buah dan selai. Tak hanya buahnya, daun jambu biji juga sering kali dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan, mulai dari gangguan pada saluran cerna hingga diabetes.

Jambu biji lezat dimakan secara langsung. Selain manis, jambu biji menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin. Jambu biji, buah yang mudah dijumpai di kebun, pasar tradisional, dan pasar modern. Jambu biji memiliki rasa yang manis dan renyah bila matang sempurna. Selain manis, jambu biji ternyata baik untuk kesehatan. Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk. Vitamin C sendiri diketahui dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit infeksi Tak hanya dalam kondisi matang, buah jambu biji bahkan kerap disantap dalam kondisi mentah atau setengah matang untuk rujakan.

MANFAAT JAMBU BIJI
1.Menjaga daya tahan tubuh hingga mencegah kanker
2. Meredakan flu dan batuk
3. Menjaga kesehatan jantung
4. Melancarkan sistem pencernaan
5. Mencegah anemia
6. Menurunkan kadar gula darah
7. Menurunkan berat badan
8. Menjaga kesehatan mata
9. Meningkatkan kesehatan mulut
10. Meredakan stres
11. Mencegah penyakit tiroid
12. Memperlambat penuaan pada kulit
13. Mengobati jerawat
14. Meningkatkan daya ingat
15. Mengobati demam berdarah
16.Menjaga keteraturan denyut jantung

Kandungan nutrisi dalam 100 gram buah jambu biji antara lain:
Kalori: 68 kkal
Karbohidrat: 14.32 gram
Gula: 8.92 gram
Lemak: 0.95 gram Serat: 5,4 gram
Potasium: 417 miligram
Vitamin C: 228.3 miligram
Vitamin A: 624 international units (IU)

Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung vitamin A yang diperlukan tubuh. Dalam 100 gram jambu biji, sedikitnya mengandung vitamin A 25 SI. vitamin A termasuk nutrisi penting yang berperan dalam banyak proses tubuh, di antaranya yakni:
1. Fungsi kekebalan tubuh
2. Kesehatan reproduksi
3. Kesehatan kulit
4. Pertumbuhan tubuh
5. Menjaga kesehatan mata atau fungsi penglihatan
Kekurangan vitamin A sendiri dapat menjadi penyebab utama kebutaan, terutama di negara-negara berkembang.

Peran lain Jambu biji adalah :
1. Faktor jumlah trombosit
2. Faktor kerapuhan pembuluh kapiler darah
3. Faktor komponen pembekuan darah

Demikian sepengetahuan jambu biji yang sering kita komsumsi,semoga bernanfast bagi kita semuanya.
RobertoNews : 1239 《17.2.22(07.45)》
• Praktisi Dokter & Penulis ilmu kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait