Khikmah Riwayati, Termuda Caleg Asal Perindo Dipastikan Lolos DPRD Kabupaten Tegal

  • Whatsapp

SLAWI, beritalima.com | Meski debutan dalam Pemilu 2019, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) cukup menorehkan prestasi, utamanya di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Pasalnya, Parpol pendatang baru ini berhasil meraih kursi parlemen di DPRD Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Partai yang dipimpin oleh konglomerat media, Hary Tanoesoedibjo itu berhasil memperoleh satu kursi Pileg di DPRD Kabupaten Tegal.

Hebatnya, Calon Legislator (Caleg) dari Perindo ini belum genap setahun lulus dari bangku kuliah dan merupakan pendatang baru.

Dia bernama, Khikmah Riwayati, perempuan berusia 23 tahun yang disebut-sebut sebagai Caleg termuda di DPRD Kabupaten Tegal.

Setelah rampungnya Rapat Pleno Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 tingkat KPU Kabupaten Tegal di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Sabtu (4/5/2019).

Khikmah, sapaan akrabnya, dalam Pileg 2019 tingkat DPRD Kabupaten Tegal bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) III meliputi wilayah Pantura yakni Kecamatan Kramat, Suradadi, dan Warureja.

Perempuan lulusan Institut Bakti Negara (IBN) Kabupaten Tegal September 2018 lalu itu dinilai sukses bersaing dengan para Caleg petahana yang lebih dulu populer di Parlemen seperti, Rustoyo dari PDIP dan Bakhrun PKS.

Caleg termuda ini dipastikan besar menduduki kursi legislatif bersama delapan Caleg terpilih lainnya di Dapil III DPRD Kabupaten Tegal, usai rampungnya pleno tingkat KPU Kabupaten Tegal yang berlangsung sejak Rabu (1/5/2019) lalu.

“Alhamdullilah mas. Menantu saya lolos ke kursi dewan. Padahal dari partai baru, dia berhasil lolos dan menjadi Caleg Termuda yang dipastikan dapat kursi DPRD,” ungkap Sumito (50), mertua Khikmah yang ikut hadir pada Pleno, Sabtu (4/5/2019) media.

Dia menyebut bahwa menantunya memperoleh sebanyak 1.942 suara di Dapil III.

Khikmah dipastikan menjadi satu-satu Caleg dari Perindo yang berhasil melaju ke Kursi DPRD Kabupaten Tegal meski terbilang sangat muda.

“Saya tidak menyangka saja, padahal Dapil Pantura (III) itu macan-macan semua. Banyak petahana di sana. Namun, menantu saya yang baru lulus tahun lalu, kini bisa melaju ke DPRD. Saya juga heran karena saat masa kampanye pun biasa-biasa aja, sewajarnya. Tidak berlebih-lebihan,” ujar Mito, sapaan akrabnya.

Sementara, kesuksesan Perindo memperoleh satu kursi di DPRD pun diakui Saksi Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara PDIP Kabupaten Tegal, Harjo Rasdi.

Harjo juga menyebut bahwa Caleg dari Perindo yang lolos tersebut merupakan Caleg termuda di DPRD Kabupaten Tegal nanti.

“Iya, dari Perindo ada satu Caleg yang lolos. Dia Caleg termuda,” kata Harjo yang juga ikut pada pleno, Sabtu (4/5/2019).

Dari hasil pleno tersebut, dia menyebut dapat dipastikan partainya mendapatkan 12 kursi parlemen.

“Yang terbanyak dari PKB, 14 kursi. Kedua dari kami, PDIP. Kemudian Gerindra 7 kursi, Golkar 6 kursi, PPP 3 kursi, Demokrat 2 kursi, PKS 2 kursi, PAN 1 kursi, Nasdem 1 kursi, Hanura 1 kursi, dan Perindo 1 kursi,” cetus dia saat mengawal. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *