Kisah Polisi Tugas Pengamanan Operasi Lilin tahun 2016 Dipedalaman

  • Whatsapp

Banyuwangi Beritalima.com – Libur akhir tahun masih panjang. Operasi Lilin Semeru 2016 baru berakhir pada 2 Januari 2017. Sejak 23 Desember 2016 para personil Kepolisian Resort Banyuwangi bertugas melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru di 17 Pos Pengamanan yang telah ditetapkan. Tugas itu juga dijalani Bripka Beni Maret Dwianto, anggota Polsek Pesanggaran.

Bintara asal Desa Temurejo, Kecamatan Bangorejo ini diberi tugas ngepam di Pantai Rajegwesi di Dusun Krajan, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Sejak 2011 lalu, dia memang bertugas di Pos Polisi Sarongan yang berjarak kurang lebih 15 kilometer bersama dua koleganya, Aiptu Dwijowiyoto (Kepala Pos Polisi) dan Bripka Muhammad Nurkholis (anggota pos).

Tugas pengamanan ini butuh perjuangan tinggi. Jarak antara Desa Temurejo dengan Desa Sarongan kurang lebih 45 kilometer. Jalanan yang dilintasi tidak selamanya mulus aspal hotmik. Medan terjal berbatu harus disusuri Bripka Beni untuk menuju lokasi tugasnya. Kawasan yang dilalui juga tak ramai permukiman penduduk, melainkan hutan Perhutani dan areal perkebunan milik PTPN XII.

Sesuai jadwal, bintara polisi yang pernah menjadi penyidik di Polsek Pesanggaran ini bertugas di Pos Polisi Sarongan tiga hari sekali. Tugas itu dilakoni secara bergantian dengan dua koleganya yang lain. Masing-masing personil yang berjumlah tiga orang wajib menjaga pos selama 24 jam tiap kali dinas.

Selama Operasi Lilin Semeru 2016, Bripka Beni dan kawan-kawan punya tugas tambahan. Selain bertugas di Pos Polisi juga mengamankan area lokasi wisata yang secara administrasi pemerintahan masuk Desa Sarongan. Lokasi wisata itu adalah Pantai Rajegwesi dan Pantai Teluk Ijo. Bahkan ketiganya sampai menembus Pantai Sukamade yang ada di kedalaman hutan belantara Taman Nasional Meru Betiri (TNMB).

“Sekali tugas pasti persiapan pakaian ganti karena menginap. Lagipula jarak rumah dengan lokasi tugas sangat jauh,” ungkapnya, Rabu (28/12/2016).

Seperti Pantai Rajegwesi, Pantai Teluk Ijo dan Sukamade juga masuk wilayah TNMB. Di butuhkan kendaraan khusus dalam melakukan patroli pengamanan, apalagi sekelas Operasi Lilin Semeru 2016 yang menjadi atensi Polda Jatim. Karena itu, Bripka Beni, sengaja membeli sepeda motor jenis trail agar mudah melintas batas menyusuri hutan yang bermedan terjal serta licin kala hujan.

“Pengamanan Operasi Lilin Semeru 2016 secara rutin kita lakukan di Pantai Rajegwesi dan Teluk Ijo. Untuk Rajegwesi bisa dibilang dekat perkampungan warga. Jarak lokasi dari Pos Polisi Sarongan hanya 3 kilometer. Lha yang Teluk Ijo ini cukup jauh, kurang lebih 15 kilometer dengan kondisi jalan tanah berbatu khas hutan,” kisah Bripka Beni.

Selama libur panjang Natal, Pantai Rajegwesi banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota. Tercatat 900 pengunjung menikmati keindahan pantai di ujung selatan sisi barat Kabupaten Banyuwangi tersebut. Angka itu diperkirakan bakal meningkat saat libur Tahun Baru 2017.

“Pos pengamanan secara permanen memang tidak ada. Karena pospam ditetapkan di Pulau Merah Desa Sumberagung. Tapi tugas pengamanan di Rajegwesi maupun Teluk Ijo tetap kita lakukan. Mengingat pesisir selatan Sarongan menjadi salah satu area yang disinggahi penyu untuk bertelur,” ujarnya.

Tugas jauh dan melelahkan itu memang berfungsi ganda. Satu sisi harus memberi rasa aman dan nyaman warga yang merayakan liburan akhir tahun di kawasan pedalaman. Sisi yang lain tetap harus mengawasi para pemburu yang hendak beraksi jahil di TNMB. Baik yang mencuri satwa maupun telur penyu.

(abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *