KM Cahaya Nusantara Mogok, Tepatnya diperairan Pastofiri-Pulau Babua.

  • Whatsapp

JAILOLO,BeritaLima.com-Kapal pengangkut PNS Pemkab Halbar KM Cahaya Nusantara yang dikontrak Pemkab halbar guna mengangkut PNS halbar tujuan Ternate-Jailolo,Senin(9/03/2020)sekitar pukul 09:00 WIT mogok saat berangkat dari pelabuhan Dufa-dufa Ternate menuju Jailolo.Kapal berkapasitas 126 GT itu,mogok ketika dalam perjalanan tepatnya di perairan Pastofiri-Babua akibat mengalami kerusakaan dibagian mesin.

Kapten Kapal KM Cahaya Nusantara Rusdin Ali kepada Media beritaLima.com- mengungkapkan,kapal yang yang dinahkodainya tersebut membawa 117 penumpang yang sebagian besar PNS Pemkab halbar tanpa muatan,saat keluar dari pelabuhan dufa-dufa sekitar pukul 05:30 WIt dengan tujuan Jailolo.

Ketika dalam perjalanan,dengan jarak berkisar 15 mill dari Ternate,mengalami gangguan dibagian pada bagian pipa oli yang mengalami kebocoran,sementara alatnya tidak tersedia diatas kapal.

“Kondisi cuaca juga aman sehingga penumpang juga tidak panik,karena ada bocor pada pipa oli tentunyanya tidak bisa dipaksa,kami kemudian meminta bantuan KM Wahana saat bersamaan keluar dari Ternate menuju Loloda,untuk selanjutnya ditarik masuk ke pelabuhan jailolo,”terangnya.

Dikatakan,setelah berlabuh di pelabuhan Jailolo, pihaknya juga tengah mengupayakan memesan alat dari ternate untuk selanjutnya di perbaiki.

“Sementara kita juga menunggu alat yang dipesan dari Ternate,kemungkinan besok sudah dipasang,”sambungnya.

Petugas Pelabuhan klas III Jailolo,Amir Saraha yang di konfirmasi media beritaLima membenarkan peristiwa yang dialami oleh  KM Cahaya Nusantara.

“Saat kejadian kami juga langsung di kontak,petugas  KPLP langsung bergerak cepat dengan menggunakan  armada speedboat guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.Saat peristiwa tersebut,kapal juga sudah posisi berada di depan pulau babua,”ujarnya.

Menurutnya,kondisi kapal yang sudah tua tersebut dikontrak oleh pemkab untuk mengangkut penumpang PNS yang bertugas di halbar dengan jadwal Senin dan Jumat.

“Kalau dulu opersinya Senin dan Jumat,akan tetapi saat ini hanya pada hari senin saja khusus untuk melayani PNS halbar ketika pulang ke ternate maupun sebaliknya,”lanjutnya.(Ay).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait