Kodim 0707 dan Kesbangpol Wonosobo Gelar Pendidikan Bela Negara Bagi Pelajar

  • Whatsapp

WONOSOBO, beritalima.com – Sejak 3 hari lalu Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli, SE memberikan pemahaman akan pentingnya rasa cinta tanah air kepada perwakilan pelajar SMA se Wonosobo di Omah Duwur.  Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Kesbangpol.

Letkol Czi Fauzan Fadli mengingatkan bahwa Bangsa Indonesia baru merdeka 73 tahun penjajahan 350 tahun dan saat ini banyak negara yang menginginkan untuk menguasai bangsa Indonesia untuk mengambil kekayaan yang ada. Diibaratkan Bangsa Indonesia seperti gadis cantik yang diperebutkan banyak orang.

Bacaan Lainnya

“Untuk itu sebagai generasi muda calon penerus bangsa harus siap  menerima tugas ini. Agar bisa menerima tugas tersebut dalam generasi muda harus tertananam rasa cinta terhadap tanah air.   Jika kita sudah ada rasa cinta tersebut maka akan dengan mudah untuk melakukannya.” Tukas Dandim pada Jumat (23/11).

Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga Negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan. Definisi lain mengatakan bahwa rasa cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan.

Tandasnya, rasa cinta itu tidak hanya diucapkan saja akan tetapi harus diwujudkan dalam kehidupan sehari – hari.  Untuk generasi muda sebagai pelajar diharapkan  mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan kita serta menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan.  Menghormati upacara bendera sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia. Menghormati simbol-simbol Negara seperti lambang burung garuda, bendera merah putih, lagu kebangsaan indonesia  Raya

Lanjut Fauzan, mencintai dan menggunakan produk dalam negeri agar pengusaha lokal bisa maju sejajar dengan pengusaha asing.  Ikut membela serta mempertahankan kedaulatan kemerdekaan bangsa dan Negara Indonesia dengan segenap tumpah darah secara tulus dan iklhas.  Turut serta mengawasi jalannya pemerintahan dan membantu meluruskan yang salah sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Membantu mengharumkan nama bangsa dan Negara Indonesia kepada warga Negara asing baik di dalam maupun di luar negeri serta tidak melakukan tindakan-tindakan yang mencoreng nama baik Indonesia. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada acara-acara resmi dalam negeri.  Beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kemajuan bangsa dan Negara.  Membantu mewujudkan ketertiban dan ketentraman baik di lingkungan sekitar kita maupun secara nasional.” Tegas Dandim Wonosobo.

Eko Riyanto selaku penyelenggara kegiatan menyampaikan terima kasih kepada Komandan Kodim yang telah berkenan memberikan materi bela negara kepada generasi muda.  “Rasa bela negara dan cinta tanah  air harus selalu diingatkan dan disampaikan kepada semua anak bangsa.  Agar mereka tumbuk dan berkembang menjadi pemuda harapan bangsa.” Pungkas Eko. (Faut)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *