Kodim 1608 Bima Gelar Pembinaan Peta Jaring Teritorial

  • Whatsapp

BimaNTB, beritalima.com

Komando Distrik Militer (Kodim) 1608 Bima, menggelar kegiatan Pembinaan Peta jarak jaring teritorial tahun 2016, kegiatan yang bertempat di Markas Kodim 1608 Bima ini diikuti 70 orang peserta terdiri dari Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Bima dan Kota Bima. Dalam amanatnya, Komandan Kodim (Dandim) 1608 Bima, Letkol Arh. Edi Nugraha, S.Sos mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial sebagai wujud pembinaan mitra karibnya dalam rangka mencapai keberhasilan tugas pokok, TNI AD dalam melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial yang merupakan fungsi utama, Pembinaan teritorial dalam aplikasinya dilaksanakan dengan merekrut mitra karib dan membina sebagai perpanjangan tangan aparat Komando Kewilayahan dalam upaya mendapatkan berbagai informasi di wilayahnya. Menurut Dandim, guna mendukung dan mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, Maka kita harus Memiliki kemampuan memecahkan masalah, Memiliki kemampuan mengayomi, Memiliki kemampuan berkomunikasi, Memiliki wawasan pengetahuan yang luas, serta senantiasa menjadi panutan dan suri tauladan, Tutur Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, bahwa fungsi teritorial merupakan kekuatan pertahanan, sekaligus untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, bahwa TNI sebagai alat pertahanan Negara mempunyai tugas pokok menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara. Selain itu, dalam Kegiatan Pembinaan Teritorial perlu adanya tindakan antisipasi aparat kewilayahan termasuk Babinsa, untuk menghadapi berbagai kerawanan yang terjadi diwilayahnya. Serta meningkatkan pemahaman tentang pembinaan peta jarak jaring teritorial di Satuan Komando Kewilayahan, sehingga memperlancar kegiatan diteksi dini, cegah dini dan sistem lapor cepat, adapun sasarannya adalah meningkatkan kemampuan dalam pembinaan terhadap mitra karib, sehingga akan lebih berdaya guna dan lebih terarah dalam pembuatan peta jarak jaring teritorial di Satuannya”, jelas Dandim.

Dandim Edi Nugraha juga menjelaskan, bahwa Pembinaan jaring teritorial ini, kita kumpulkan tokoh-tokoh masyarakat, alim ulama yang berkaitan dengan tugas-tugas kita diwilayah, mereka kita jadikan sebagai mitra kita diwilayah yang akan memberikan informasi apapun diwilayah itu sehingga akan mendukung tugas pokok dari Kodim itu sendiri. Arah kegiatan adalah membina silaturrahmi antara Kodim dan mitra Kodim, sehingga terbina komunikasi yang intens, ada permasalahan kita bisa saling berkomunikasi. Termasuk kita memberikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat. Dengan harapan masyarakat bisa paham dan mengerti tentang wawasan kebangsaan sehingga dapat menularkan lagi kepada yang lain, pungkas Dandim. (B5-SUKUR)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *