Kolaborasi PMB STIAMAK, AMNUS, Narotama

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Jemput bola untuk kemudahan kuliah disepakati tiga perguruan tinggi nasional, yakni STIAMAK Barunawati Surabaya (Pelindo III), Akademi Maritim Nusantara (AMNUS) Banjarmasin, dan Universitas Narotama Surabaya. Nota kesepakatan itu ditandatangani bersama dalam Webinar Program Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama (PPMBB), Kamis (26/8/2021).

“Ini bentuk kerjasama yang baik. Selama ini STIAMAK sudah membuktikan berkontribusi untuk Pelindo III group. Banyak lulusan STIAMAK diterima di Pelindo III group,” kata RM Widyas Wendra ST SH MM dalam open speech mewakili Direktur SDM Pelindo III, Edi Priyanto S.KM MM.

Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya, Dr Nugroho Dwi Priyohadi M.Sc, mengatakan, masa pandemi merupakan saat yang tepat untuk investasi untuk kuliah. “Sekarang era sinergi Kampus Merdeka, Merdeka Belajar,” ujar mantan Direktur PT Ambang Barito Nusapersada ini.

Menurut Nugroho, dunia akademi harus siap menghadapi isu-isu nasional terkini khususnya menyangkut perkembangan bisnis.

Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kelembagaan Akademi Maritim Nusantara, Akhmad Syahbudin M.Pdi, mengatakan, lulusan AMNUS menguasai pengetahuan bisnis pelayaran, menguasai persyaratan operasional kapal, menguasai alur pelayaran, memahami problem dan kendala kelancaran aktivitas laut termasuk cuaca.

Sementara Kaprodi Magister Manajemen Universitas Narotama Surabaya, Joko Suyono Ph.D, menyatakan, kuliah S2 di Narotama cukup 1,5 tahun selesai dengan 39 SKS. “Narotama peringkat 11 PTS-PTN di Kota Surabaya dan peringkat 6 PTS di Kota Surabaya,” ujar Joko.

Narasumber non akademik disampaikan oleh Manajer Produksi Harian Banjarmasin Post, Hari Tri Widodo. Menurutnya, menulis sangat mendukung kesuksesan akademik.

“Mahasiswa harus belajar menulis dari awal. Karena bisa menulis dengan baik tidak bisa seketika. Supaya bisa menulis baik dan berbobot harus banyak membaca dari literasi yang berkualitas dan peka terhadap peristiwa yang terjadi di sekitarnya,” kata Hari Tri Widodo.

Menulis, lanjut dia, bisa mendatangkan financial benefit, popularitas personal, dan intelectual benefit. “Mulailah belajar menulis dari sekarang,” tambahnya.

Closing speech webinar disampaikan Ketua Senat STIAMAK Barunawati Surabaya, Dr. Sumarzen Marzuki MMT. “Ini (kerjasama PPMBB-red) merupakan terobosan, dimana perguruan tinggi saling bersinergi,” kata Sumarzen.

“Kali ini bekerjasama untuk mendapatkan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021. Tentu kerjasama ini masih bisa dikembangkan lagi lebih luas,” lanjut Sumarzen.

Kepala Humas STIAMAK Barunawati Surabaya, Drs Moh. Fail M.Ag, menjelaskan, kerjasama PPMBB dimaksudkan mahasiswa D3 AMNUS Banjarmasin bisa melanjutkan S1 di STIAMAK. Begitu juga lulusan S1 Prodi Ilmu Administrasi Bisnis STIAMAK bisa melanjutkan kuliah S2 di Narotama. “Jadi bisa saling mengisi dan melengkapi,” kata Fail-wartawan maritim tersebut. gan

Teks Foto: Webinar Program Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama (PPMBB), Kamis (26/8/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait