Komenwa Indonesia bersama Angkatan Laut akan bentuk Resimen Mahasiswa Matra Laut

  • Whatsapp

Jakarta, Dalam rangka membentuk Komando Resimen Mahasiswa (komenwa) Matra Laut, Komenwa bersama dengan mabes Angkatan Laut menyelenggarakan rapat bersama di Wisma Elang Laut Menteng Jakarta pusat.

Dalam rapat ini dihadiri oleh Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono dan Kadis Potmar atau yang mewakili, ketua umum Komenwa Dr.Datep Purwa Saputra, Pembina Laksda TNI (Purn) Surya Wiranto,SH, MH, Pembina Wibisono, SH,MH serta jajaran pengurus pusat Komenwa Indonesia.

Sebelum acara dimulai, para peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan paparan singkat oleh ketum Komenwa.

Dalam sambutannya Ketum Komenwa menjelaskan bahwa Sejarah menwa justru dulu dibentuk pertama kali oleh Angkatan laut dengan nama maha Tirta,dan telah ikut berjuang dalam misi merebut irian barat (Trikora), serta ikut berjuang di Timor timur.

“Saya bersama pengurus jajaran Komenwa Indonesia berharap akan dibentuknya menwa Matra Laut, dengan terselenggaranya rapat ini dengan pak Kadispenal semoga segera bisa menghadap Kasal untuk melaporkan kegiatan ini,” ujar Datep menyatakan ke awak media di Jakarta Selasa (14/12/2021).

Sementara itu dalam sambutan Kadispenal Julius mengatakan bahwa dirinya menyambut gembira inisiatif Komenwa untuk membentuk Matra Laut sebagai komponen pendukung Angkatan laut, karena untuk kondisi saat ini sangat dibutuhkan peran komponen pendukung (komduk) dan komponen cadangan (komcad) dalam rangka bela negara.

Selanjutnya, kegiatan ini akan dilaporkan ke KASAL untuk mendapat dukungan beliau, dan menurutnya Kasal akan mendukung semua kegiatan bela negara terutama untuk tujuan memperkuat Jiwa nasionalisme dan NKRI harga mati.

Sementara menurut pembina Wibisono mengatakan akan mendukung upaya Komenwa untuk membentuk komduk Matra Laut, karena saat ini telah terjadi degradasi nasionalisme di kalangan anak milineal dan harus terus dilakukan sosialisasi bela negara terutama untuk menumbuhkan rasa nasionalisme agar tidak terpapar faham yang tidak sesuai dengan nilai nilai Pancasila.

Komponen pendukung (komduk) dari Komenwa diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam mengawal NKRI dan terus berperan aktif dalam mendukung pembangunan nasional.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan ramah tamah, dan menghasilkan suatu kesimpulan bahwa segera akan dilaporkan ke KASAL untuk mendapatkan arahan selanjutnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait