beritalima.com

Komisi III DPRD Padang Studi Banding Program Rehab Rumah ke Makassar

  • Whatsapp

PADANG,beritaLima — Komisi III DPRD Kota Padang membidangi urusan pembangunan dan lingkungan hidup melakukan kunjungan kerja (kunker) selama lima hari ke Kota Makassar dan Kementerian Perumahan Rakyat RI Jakarta sejak Selasa (21/2). Kunjangan kerja diikuti Koordinator Komisi III DPRD Padang, H. Wahyu Iramana Putra, Ketua Komisi III Zulhardi.Z.Latif, Wakil Komisi III, Amril Amin, Sekretaris Djunaidy Hendry, Arfendi DT Tan Bagindo, Delma Putra, Gustin Pramona, Dian Angraini, H.Maidestal Hari Mahesa, Wismar Panjaitan, Sekwan Ali Basar dan didampingi oleh staf Sekretariat DPRD Kota Padang.

Di Makassar, anggota dewan mempelajari masalah pembangunan dan sarana prasarana pasar serta tata ruang bagi perumahan murah untuk masyarakat. Sementara di Kementerian Perumahan Rakyat(Kemenpera) RI Jakarta, rombongan akan membahas terkait perumahan bersubsidi untuk masyarakat.

“Bagaimana program, sistem serta aturannya nanti akan kita lakukan pembahasan bersama Kementerian Perumahan Rakyat agar bisa diterapkan di Kota Padang. Karena, saat ini di Kota Padang masih ada ribuan KK yang belum memiliki rumah sendiri, di samping memang ada progam Pemko terkait rehab rumah,” kata Koordinator Komisi III DPRD Padang H.Wahyu Iramana Putra saat dihubungi lewat telepon, Kamis (23/2/2017).

Untuk program rehab rumah, katanya, memang butuh anggaran yang tidak sedikit. Untuk itu, Pemko Padang akan berupaya bisa menggaet anggaran dari pusat.

Dalam kunjungan kerja Komisi III tersebut,  sejumlah OPD terkait juga dilibatkan. Di antaranya, Dinas Perdagangan mengenai persoalan serta pembangunan pasar dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai persoalan bantuan perumahan bersubsidi dan rehab rumah.

beritalima.com

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Kota Padang Zulhardi Zakaria Latif, mengatakan, kunker kali ini bertujuan untuk mendukung program unggulan Walikota dan Wakil Walikota Padang, yaitu program rehab rumah. Untuk mensukseskan program rehab rumah itu, DPRD Kota Padang perlu mengunjungi Kota Makasar yang kabarnya sukses melaksanakan program tersebut.

Sedangkan kunjungan ke Kemenpera RI, katanya, bertujuan untuk membahas program perumahan subsidi untuk rakyat dan program rehab rumah di Kementerian Perumahan Rakyat RI.

“Komisi III DPRD Kota Padang akan mengkaji syarat-syarat untuk mendapatkan program tersebut.  Targetnya tentu kita mengkaji apa saja syaratnya dan kita mencoba menggaet dana pusat,” sebut Zulhardi.

Komisi III DPRD Kota Padang, katanya, menginginkan agar masyarakat Kota Padang bisa mendapatkan rumah dengan DP (uang muka) dan cicilan rendah. “Kita ingin dengan DP kecil, rakyat mendapat rumah dengan angsuran kecil juga,” ungkap kader Golkar tersebut. 

(pdm/bim/rki)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *