Konservasi Alam, Saiq Al Hikmah ajak Siswa lepaskan penyu

  • Whatsapp

BANYUWANGI | beritalima.com – Sekolah Alam Insan Qurani Al Hikmah ( Saiq Al Hikmah) adalah Satu satunya Sekolah Alam yang berada di Kabupaten Banyuwangi, dalam rangka belajar Konservasi Alam khususnya Biota laut para Siswa diajak melepas liarkan tukik alias anak penyu di pantai Gumuk Kantong Desa Sumbersewu Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Sabtu (17/12/2022)
Susiyanto pengelola pantai Wisata Gumuk kantong yang juga Walimurid Saiq Al Hikmah mengatakan pantai gumuk kantong Muncar ini sudah sejak lama sebenarnya menjadi tempat penyu bertelur dan akhir akhir ini pihaknya menjadikan tempat konservasi di pantai Gumuk Kantong agar ekosistem laut menjadi sehat.
“Sebenarnya pantai gumuk kantong ini disamping Indah Pantainya juga sering digunakan Penyu untuk bertelur sejak lama, dan Akhir akhir ini Masyarakat menyediakan Tempat Konservasi Agar Penyu Berkembang biak disini, hari ini sebanyak 100 ekor anak penyu dilepasliarkan berjenis penyu lekang yang sudah berusia 2 bulan” ungkap Susiyanto.

Sementara itu, Rizqi Komariyah Selaku Kepala Sekolah Saiq Al Hikmah mengatakan pentingnya anak didik diusia dini diajarkan konservasi hewan yang dilindungi negara seperti Penyu ini dan edukasi bagi masyarakat bahwa penyu sekarang sudah masuk dalam Apendiks I CITES. Artinya, penyu tidak lagi atau dilarang untuk diperdagangkan atau dikomersialkan.

“Nah, untuk itu, kami berharap, mari kita jaga bersama-sama. Penyu- penyu tidak boleh dijual belikan harus kita kembalikan ke laut agar menjaga ekosistem laut semakin sehat” ucapnya.

Di samping itu, Ketua PC PGRA Kec Muncar ini juga menegaskan bahwa keberadaan penyu begitu penting untuk rantai makanan. Sebab, penyu memakan rumput-rumput laut dan biota-biota laut.

Dengan demikian, sinar matahari bisa sampai ke kedalaman yang lebih dalam karena tidak tertutup oleh ganggang-ganggang laut yang menyebabkan tempat ikan berpijaknya semakin banyak.

“Bila tempat ikan berpijaknya semakin banyak,maka ikannya semakin banyak pula. Ikan makin banyak, kita kan lebih enak, karena kita juga butuh ikan untuk lauk makan. Jadi menjaga penyu sama saja dengan menambah jumlah ikan yang ada di laut,” papar Rizqi Komariyah

Sebelum pelepasan penyu, Siswa Siswi Saiq Al Hikmah menampilkan Performance tari Gandrung dan Musik Tradisional Angklung, kegiatan ini juga dihadiri Kepala Desa Sumbersewu, Polsek Muncar, Danramil dan Siswa Siswi Raudlatul Athfal ( RA ) Se Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait