Konsisten, Komisi III DPR Apresiasi Karya Bakti Lebaran Pramuka

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com – Anggota Komisi III atau Komisi Hukum DPR RI, Nasir Djamil mengapresiasi kegiatan Karya Bakti Lebaran, yang digagas oleh Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia, untuk memperlancar arus mudik dan arus balik. Kegiatan ini dinilai sebagai aksi nyata dari konsistensi kerja sosial Pramuka di lapangan.

“Kenapa konsistensi karena kegiatan ini selalu dilakukan setiap tahun (Lebaran). Dan saya melihat Pramuka menjalankan tugasnya dengan baik di banyak titik,” ujar Nasir saat dihubungi, Senin (26/6).

Pria asal Aceh ini mengatakan, program Karya Bakti Lebaran sangat membantu masyarakat dan petugas kepolisian dalam memperlancar arus mudik. Sebab, tenaga kepolisian untuk menjalankan tugas ini terbatas, sehingga butuh dukungan dari Pramuka.

“Karya Bakti Lebaran tidak hanya membantu masyarakat, tapi juga membantu kepolisian dalam menjalankan tugasnya. Jiwa sukarelawan Pramuka sudah dididik sejak dini,” tutur Nasir yang dalam tugasnya di DPR bermitra dengan kepolisian.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengucapkan terima kasih kepada ribuan Pramuka yang turun ke jalan selama puasa dan setelah idul fitri, membantu petugas di stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dan lain-lain.

“Pramuka mengatur lalu lintas, mengangkat barang pemudik, membantu orang tua, anak-anak menyeberang, dll. Semua dilakukan dengan gembira tanpa beban. Gembira dan peduli, dua kata ini identik dalam berbagai aksi kerelawanan Pramuka di manapun. Saya ucapkan terima kasih kepada ribuan Pramuka, bidang Abdimasgana, Saka Bhayangkara, dll. Terima kasih juga kepada ribuan pembina, orang tua, para guru yang telah menanamkan jiwa kerelawanan kepada mereka,” ujar Adhyaksa Dault.

Karya Bakti Lebaran melibatkan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari Kwartir, Gudep, Saka, serta berkoordinasi dengan kementerian/lembaga/instansi untuk bergabung dengan posko-posko mudik di wilayah setempat. Kegiatannya antara lain membantu memberikan informasi kelancaran arus mudik, membantu pemudik/masyarakat yang mudik di stasiun-stasiun, terminal-terminal, pelabuhan, bandara dan tempat-tempat umum.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *