“Kopi Darat”, Ikthiar Politik Menggolkan Verifikasi Faktual Ala PSI Malteng

  • Whatsapp

MASOHI,- beritaLima.com,- Upaya Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Malten, untuk menggolkan verifikasi faktual KPU yang sementara berjalan, PSI Malteng terus berupaya dengan melakukan berbagai macam hal positif demi tercapainya tujuan itu.

Salah satunya dengan menggelar diskusi internal pengurus ditingkat DPD. Diskusi ini dinamakan “Kopi Darat” Daerah.

Tepatnya, pada Kamis 14 Desember 2017 siang tadi, seluruh kader pengurus DPD dalam rapat singkat yang diistilahkan “kopi darat” itu bersepakat untuk tetap optimis menyelesaikan jadwal verifikasi yang sementara dilakukan KPUD Malteng.

Menghadapi mekanisme yang telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terkait Verifikasi Faktual itu, Pihaknya

“Bagi kami DPD PSI Malteng masih tetap optimis untuk menyelesaikan jadwal Verifikasi Faktual yang di tentukan oleh KPUD Malteng, dengan jumlah keanggotaan 619″ujar Ketua DPD PSI Malteng, Ali Rahman Tihurua via WatssApp kepada media ini siang tadi.

Kata Ali, sesuai data SIPOL yang diperoleh dari hasil kerja pengurus DPD, yang disebutnya dengan istilah “Bro dan Sis PSI ” itu, kini gencar terjun lansung ke lapangan dan mendatangi langsung ke rumah-rumah warga untuk meminta kesediaan dan ketulusan masyarakat yg ingin bergabung bersama PSI, terutama bagi generasi muda.

“ajakan ini tidak memaksa kehendak seseorang untuk bergabung tetapi PSI menawarkan model politik baru yg sesuai dengan keinginan kita semua,”terang Ali.

Model Politik yang ditawarkan, sambung Ali, adalah politik transparansi alias pilitik secara terbuka. Keterbukaan disini menurutnya, sebagai politik yang menjewantahkan dengan semangat yang progresif.

Sehingga seorang Kader atau simpatisan tidak mudah teralienasi dengan stigma LABILA KABILA (Lapar bicara lain, kenyang bicara lain).

Ditambahkan, Agenda Verifikasi Faktual merupakan tahapan dari mekanisme yang diatur dalam PKPU No 7 dan No 11 tahun 2017.

Tahapan baru dalam sistem kerja KPU ini menurutnya patut di apresiasi. Sebab, tahapan baru dalam syarat verifikasi KPU terhadap peserta pemilu legislatif tersebut merupakan pintu masuk bagi setiap Partai Politik baik lama maupun baru menuju kontestasi elektoral di tahun 2019 mendatang.

Karenanya, dengan motivasi besar untuk dapat lolos menjadi Partai Peserta Pemilu, membuat Partai dengan jargon, “partainya anak muda ini” terus bergerak secara nasional di seantero Nusantara tak terkecuali DPD PSI Malteng untuk lebih berikthiar menciptakan langkah-langkah Progresif dalam mengecek kembali data-data yang sudah di rampungkan pengurus baik ditingkat DPC maupun DPD.

Langkah demikian diambil guna mencegah terjadinya kesalahan sekecil apapun, salah satunya dengan melakukan prakondisi pada Forum KOPI DARAT DAERAH yang baru dilakukan Kamis siant tadi di Kantor DPD PSI Kabupaten Malteng.

“Hal serupa di buat oleh DPD PSI Se-Indonesia sehingga kami secara kolektif memahami bahwa inilah yg dinamakan Ikthiar Politik Nasional bagi PSI, sering di klaim Pemula maka kamipun terus berusaha agar menjadi dewasa dan matang dengan kesempurnaan,”terang Ali.

Langkah-langkah tersebut bertujuan, agar para pemula tidak lagi melakukan hal yang sama seperti di lakukan oleh kaum tua atau para tokoh yang ada di srjumlah partai-partai besar yang ada sekarang ini.

“Yang dalam prakteknya tergambarkan seakan menjadikan politik sebagai lahan transaksional untuk memperkaya diri sendiri dan kelompok sedangkan rakyat di telantarkan,” papar Ali.

Oleh karena itu pendidikan politik yang diusung PSI adalah, membangun kedaulatan rakyat yang sesuai dengan cita-cita Demokrasi yaitu “Dari Rakyat Oleh Rakyat dan Untuk Rakyat”.

“kami berada dalam Zaman Now maka cara berpikir kami tidak terkungku pada tradisi politik usang dan tidak terjebak oleh Ideologi yang puritan,”tutup Ali, tegas. (Mukaddar).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *