Kota Madiun Lolos Bedah Dokumen Kota Bersih Wistara

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Tim verifikasi Kota Sehat tingkat Nasional, memastikan Kota Madiun, Jawa Timur, lolos bedah dokumen Kota Bersih kategori Wistara.

Hal tersebut disampaikan tim Nasional Kota Sehat, saat melakukan verifikasi dan evaluasi di aula Kantor Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Rabu 13 September 2017.

Bahkan kabar gembira ini didengarkan langsung Walikota Madiun, H. Sugeng Rismiyanto bersama Ketua DPRD Istono selaku Ketua Forum Kota Sehat Kota Madiun.

Salah satu anggota tim, Dewi Martina, mengatakan, diselenggarakan Kota Sehat bukan hanya untuk mendapat penghargaan, tetapi merupakan amanah sesuai peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan untuk menciptakan wilayah yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk masyarakat.

“Alhamdulillah, Kota Madiun lolos bedah dokumen untuk kategori Wistara. Semoga dari hasil evaluasi di lapangan, Wistara yang diinginkan dapat dicapai,” kata Dewi.

Bahkan tim verifikasi mengapresiasi Kota Madiun dan merekomendasikan Kota Madiun sebagai daerah percontohan dan sebagai tempat pembelajaran kota lain.

“Izin pak Wali, kalau misalnya ada daerah lain yang tanya untuk study banding, kita akan merekomendasikan Kota Madiun. Untuk tatanan sehat mandiri luar biasa, ibu-ibu rumah tangga di titik yang kami verifikasi mampu mengawal pengelolaan sampah sampai pada penghijauan untuk kesehatan lingkungan di pemukiman sekitar rumahnya,” tambahnya.

Sementara itu Walikota Madiun, H. Sugeng Rismiyanto, mengatakan, budaya hidup bersih dan sehat merupakan salah satu sasaran pembangunan di Kota Madiun.

“Kami bekerja secara sungguh-sungguh, ikhlas dan jujur untuk membangun masyarakat dan Kota Madiun,” kata H. Sugeng Rismiyanto.

Kota Madiun yang sudah mendapat Adipura dan Kota Layak Anak, lanjutnya, optimis untuk meraih Kota Sehat kategori Wistara.

Untuk diketahui, dari lima tatanan yang diusulkan untuk diverifikasi, akan dirumuskan dan dirapatkan secara keseluruhan di pusat. Lolosnya Kota Madiun dalam bedah dokumen dan telah terverifikasi oleh tim penilai pusat merupakan kerja keras, kompak dan bersinergi antar OPD terkait.

Apalagi, sehat, bersih, aman, nyaman dan mandiri sudah menjadi budaya masyarakat Kota Madiun yang sudah beberapa kali menerima penghargaan tingkat nasional maupun tingkat provinsi.

Kota Madiun juga sudah pernah mendapat predikat Kota Sehat untuk kategori Padapa. Tahun ini langsung mengusulkan kategori Wistara yang diberikan untuk klasifikasi pengembangan.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Sekda H. Maidi, kepala OPD dan undangan. (Dinas Kominfo Kota Madiun/Editor: Dibyo).

Foto: Dinas Kominfo Kota Madiun.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *