Kota Madiun Raih Dua Penghargaan Awarding RKCI 2019

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Keikutsertaan Kota Madiun, Jawa Timur, dalam 100 daerah Smart City Indonesia memang baru seumur jagung. Meski begitu, berbagai penghargaan telah berhasil diraih dalam upaya mewujudkan kota cerdas.

Terbaru, yakni penghargaan kategori Rating Kesehatan (Smart Health) dan Rating Kesiapan Pemerintahan Digital (Digital Government Readiness) dalam event Awarding Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019 di Bandung, Jawa Barat, Senin 18 November 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Walikota Madiun, H. Maidi, di Aula Barat Institut Teknologi Bandung oleh Steering Committee RKCI 2019, Prof. Suhono Harso Supangkat. Hal ini tentu menjadi awal yang membanggakan bagi Kota Madiun.

‘’Kita patut bersyukur. Meski baru bergabung, tapi sudah menuai banyak penghargaan,’’ kata H. Maidi, dengan sumringah.

Meski begitu, Walikota tidak ingin Pemkot Madiun cepat berpuas diri. Karena masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mewujudkan Smart City yang lebih sempurna.

“Kota Madiun harus mengejar kota-kota lainnya yang telah meraih Smart City lebih dulu,’’ tandasnya.

Untuk diketahui, RKCI merupakan kegiatan rutin dua tahunan. Pada acara tersebut disampaikan clustering kota-kota beserta masukan untuk peningkatan kinerja kota dalam menuju pengembangan kota cerdas. Di dalamnya juga dilakukan pemberian penghargaan untuk rating kota cerdas Indonesia.

Sementara itu, Prof. Suhono Harso Supangkat, mengatakan, Smart City merupakan kebutuhan bagi daerah-daerah di Indonesia. Karena itu, ia mengimbau agar daerah yang telah terpilih masuk dalam jajaran 100 Smart City Indonesia benar-benar bisa mewujudkan kota cerdas serta menjadi percontohan bagi daerah-daerah lainnya.

‘’Untuk mencapai kota cerdas yang ideal, memang butuh banyak berjuang. Saat ini, belum ada kota yang benar-benar ideal. Tapi semangat kepala daerah untuk mewujudkannya patut diapresiasi,’’ kata Prof Suhono.

Menurutnya lagi, mewujudkan kota cerdas tidak hanya dilakukan oleh pemerintah daerah saja. Tetapi, juga dibutuhkan kerjasama dan partisipasi dari berbagai sektor. Sehingga proses pewujudannya dapat segera terlaksana.

‘’Itu masih menjadi PR kita bersama. Pelan-pelan akan diwujudkan dan saya harap kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semua,’’ tuturnya.

Awarding RKCI juga dihadiri oleh Ketua Umum Apeksi Pusat sekaligus Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, Wakil Rektor ITB Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono, serta kepala daerah yang termasuk dalam anggota 100 Smart City di Indonesia. (Diskominfo. Editor: Astono).

H. Maidi (kanan atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *