KPU NTT Mulai Gelar Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2019

  • Whatsapp
www.beritalima.com

KUPANG, beritalima.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai menggelar pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu tahun 2019 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur di Kupang, Selasa (7/5).

Rapat pleno terbuka yang berlangsung di Aula Sahid T-more Hotel tersebut, dibuka Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi, yang dihadiri Forkopimda NTT, serta perwakilan dari partai politik.

Ketua KPU NTT menyatakan apresiasi atas kinerja semua unsur KPU dari tingkat bawa hingga tingkat provinsi NTT yang sudah melaksanakan penghitungan yang berlangsung selama dua pekan sesuai jadwal KPU Provinsi NTT. Namun, ada beberapa kecamatan yang menambah waktu penghitungan hingga 7 Mei 2019.

Kemudian sekira pukul 11.00 Wita dilanjutkan dengan acara pleno. Sesuai jadwal KPU, pleno rekapitulasi suara di KPU provinsi akan berlangsung sampai 11 Mei 2019. Pleno hari pertama dilakukan untuk enam KPU kabupaten yakni Manggarai Timur, Sabu Raijua, Rote Ndao, Sumba Tengah, Belu, dan Sumba Barat

Saat pleno dibuka, Ketua KPU NTT, Thomas Dohu menyebutkan pleno dilakukan untuk KPU delapan kabupaten yang sudah hadir di ruangan. Dua kabupaten lainnya yakni Nagekeo dan Malaka. Namun laporan yang diterima Bawaslu NTT menyebutkan pleno hari pertama hanya untuk enam kabupaten tersebut.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Informasi yang disampaikan ke Bawaslu, pleno hari ini hanya enam kabupaten, tidak ada agenda untuk Nagekeo dan Malaka,” kata Ketua Bawaslu NTT, Thomas Djawa.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Keberatan yang disampaikan Bawaslu tersebut diterima sehingga pleno diputuskan hanya untuk enam kabupaten.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Keberatan Bawaslu akan kami tindaklanjuti karena rata-rata waktu yang dibutuhkan membaca perolehan suara satu kabupaten selama satu jam. Dan pleno hanya berlangsung sampai pukul 18.00 Wita,” kata Thomas Dohu.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Pleno dihadiri seluruh komisioner KPU NTT dan Bawaslu NTT serta pengawas pemilu dan saksi partai politik peserta pemilu. Pleno rekapituasi perolehan suara berjalan aman dan lancar, serta dijaga oleh puluhan anggota polisi dari Polres Kupang Kota. Sementara itu, pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf

www.beritalima.com

Amin unggul sesuai hasil rekapitulasi suara pemilu 2019 di Kabupaten Manggarai Timur.

Sesuai hasil perolehan suara yang dibacakan komisioner KPU Manggari Timur dalam pleno tersebut, Jokowii-Amin mengumpulkan 132.190 suara, sedangkan pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengumpulkan 16.282 suara. Jumlah suara sah di kabupaten tersebut 148.473 suara dan suara tidak sah 2.853 suara. (L. Ng. Mbuhang)

www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *