Kunjungi Candi Gayatri Tulungagung, Cak Imin Janji Bakal Lestarikan Situs Budaya

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, Beritalima.com|
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berjanji bakal memberikan perhatian terhadap situs-situs budaya.

Hal itu disampaikan Cak Imin saat mengunjungi situs Candi Gayatri yang berada di Dusun Boyolangu, Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, Kamis (25/1/2024).

“Ini akan menjadi perhatian AMIN kalau menang nanti. Bahwa situs-situs budaya, candi-candi terus ditangani oleh negara,” ungkapnya.

Menurutnya, situs-situs sejarah kebudayaan seperti Candi Gayatri ini harus menjadi perhatian lebih oleh negara untuk dijaga dan dirawat kelestariannya.

“Situs itu kekayaan negara yang harus dijaga, dipelihara, dirawat, dan menjadi kekuatan nilai budaya bangsa kita,” ucapnya.

Tidak hanya itu, situs kebudayaan menurutnya juga harus menjadi tempat pembelajaran sekaligus sebagai destinasi produktif.

“Situs kebudayaan seperti ini harus menjadi sarana pendidikan, sarana sosial, sekaligus menjadi titik temu pembelajaran sekaligus kemajuan ekonomi Indonesia,” lanjut Cak Imin.

Untuk diketahui, bahwa Candi Gayatri atau disebut juga Candi Boyolangu ini merupakan situs yang dibangun pada era pemerintahan Raja Hayam Wuruk (1359-1389 M).

Candi ini dahulu berfungsi sebagai tempat penyimpanan abu Jenasah Gayatri dan sekaligus tempat pemujaan agama Budha.

Penyebutan Candi Gayatri sendiri berasal dari salah satu nama putri dari Raja Kertanegara (raja Kerajaan Singasari) dan merupakan nenek dari Hayam Wuruk sebagai raja Kerajaan Majapahit. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait