Kurangi Curah Hujan, Teknologi Modifikasi Cuaca Terus Dilakukan Di Sumatra Barat

  • Whatsapp
Foto : Abriyanto

Sumatera Barat, beritalimacom| Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) terus gelar operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) di wilayah Sumatra Barat, guna kurangi curah hujan . Pada Operasi kali ini (18/5), dilaksanakan tiga sorti dengan durasi penerbangan lebih kurang 6 jam 11 menit. Adapun lokasi penyemaian fokus di wilayah sekitar aliran sungai di lereng Gunung Marapi.

Total NaCl yang disemai pada TMC kali ini sekitar 3.000 kilogram atau 3 ton, dimana tiap sorti dilakukan sebanyak 1.000 kilogram. Sorti pertama pukul 10.21 WIB dengan target sekitar wilayah tenggara hingga timur Kota Padang yakni Sijunjung dan Solok bagian selatan diatas ketinggian 11.000 kaki.

Bacaan Lainnya

Sorti kedua pukul 13.02 WIB, dengan target awan sekitar wilayah Pesisir Selatan yaitu bagian selatan Kota Padang di ketinggian 12.500 hingga 13.000 kaki.

Sementara sorti ketiga pukul 15.59 WIB dengan target penyemaian sekitar wilayah timur laut hingga timur Kota Padang pada ketinggian 11.000 kaki.

Penyemaian yang dilakukan di pagi menjelang siang hingga sore hari ini dikarenakan awan potensi hujan sudah teridentifikasi ketika menjelang siang hari. Prediksi curah hujan harian dari BMKG di lima wilayah yaitu Pariaman, Padang, Bukittinggi, Batu Sangkar, dan Padang Panjang mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebesar 6,3 sampai 16,6 milimeter per hari.

Operasi TMC kali ini masuk hari ke empat sejak 15 Mei guna mendukung percepatan masa transisi darurat ke pemulihan bencana banjir lahar hujan dan tanah longsor di Sumatra Barat.

 

Jurnalis: Abriyanto

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait