Lahirkan Inovasi untuk Tingkatkan Daya Saing Produk

  • Whatsapp

Serdang Bedagai(SUMUT)

            BERITALIMADalam rangka bentuk perhatian dan mendukung kemajuan pengrajin-pengrajin aksesoris yang ada di Serdang Bedagai (Sergai), Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman berkunjung ke Sekretariat Forum Komunikasi Pengrajin Accesories yang bertempat di Dusun VIII Pematang Pelintahan Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah Sergai, Rabu (21/9). Turut hadir dalam acara Kadisosnakerkop Aguslan Simanjuntak, SE, Camat Sei Rampah Drs. Haparudin Saragih beserta jajaran dan tamu undangan lainnya.   

            Ketua Forum Komunikasi Pengrajin Accesories Farida memberikan apresiasi yang setinggi- tingginya atas kunjungan dari Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman serta jajaran Pemkab Sergai yang telah memberikan dukungan penuh serta memberikan pelatihan, bimbingan dan dukungan sampai pemasaran terutama dari Dinsosnakerkop. Saat ini pengrajin accesories yang aktif sebanyak 172 tersebar diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sergai. Sementara itu perkembangan dari forum pengrajin sendiri sudah berhasil memasarkan produknya sampai keluar provinsi seperti Bengkulu, Palembang, Aceh dan Pekanbaru. Diharapkan dengan kunjungan ini kami diberikan bantuan serta pandangan-pandangan untuk lebih meningkatkan pemasaran  yang nanti kedepannya lebih baik lagi serta meluas kedaerah-daerah lainnya. Karena pengrajin accesories ini sangat menjanjikan dengan perbaikan perekonomian keluarga, jelas Farida.

             Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman menyambut baik pertemuan ini agar Pemkab Sergai mengetahui perkembangan pengrajin-pengrajin yang ada seluruh. Diharapkan Forum Komunikasi Pengrajin Accesories terus maju dan mencari terobosan-terobosan baru dengan melakukan inovasi serta mengupdate sehingga produknya tidak ketinggalan dan dapat bersaing dipasaran. Hal yang menggembirakan adalah hasil produksi dan pemasaran terus berkembang serta kualitas terjamin yang nantinya tujuan dari semua itu untuk pemberdayaan keluarga dan meningkatkan perekonomian rakyat. Mari terus bekerja sama untuk kemajuan Kabupaten tanah Bertuah Negeri Beradat yang kita cintai, pungkas Hj. Marliah Soekirman.

               Sebelumnya Camat Sei Rampah Drs. Haparudin Saragih dalam sambutannya mengatakan. Pemerintah Kecamatan akan terus mendukung pengembangan kelompok antara lain dengan dimanfaatkannya Program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP-PNPM) yang bertujuan membantu meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat. Diharapkan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh Pemerintah maupun swasta agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dan kedepannya Forum Komunikasi Pengrajin Aksesoris ini terus berkoordinasi dalam hal pengembangan dan pemasaran hasil kerajinan masyarakat.

            Sementara itu dari Kadisosnakerkop Aguslan Simanjuntak, SE mengatakan bahwa dua tahun terakhir dan bahkan dua tahun kedepan tenaga kerja kita akan menghadapi fluktuasi yang berimbas kepada PHK terkait selesainya jalan tol Medan Tebing Tinggi. Untuk itu dengan menciptakan lapangan kerja maka diinventarisir semua apa saja kebutuhan kita dan orang banyak yang selama ini didatangkan dari luar. Jika bisa kita buat sendiri, kenapa harus mendatangkannya lagi dari luar seperti contohnya adalah pernak-pernik cenderamata pernikahan yang selama ini masyarakat masih membelinya diluar daerah. Dimana perlu kita ketahui bersama bahwa  kurang lebih 3 milyar orang Sergai belanja cenderamata pernikahan setiap tahunnya. Untuk itu ditargetkan tahun 2018 pemasok cenderamata pernikahan terbesar adalah Sergai dengan menyerap tenaga kerja yang besar. Strategi pemasaran untuk keluar daerah telah dimiliki dan siap diaplikasikan sehingga mampu bersaing dalam harga dan kualitas.

Disamping itu juga potensi penjualan aksesoris di objek wisata pantai kita sangat mempunyai prospek yang besar dengan banyaknya pengunjung, kebanyakan mereka pulang tanpa membawa oleh-oleh dan cenderamata. Dan saat ini di Kabupaten Sergai telah dibuka dua gerai tempat pemasaran cenderamata dan akan menyusul lagi empat dengan bekerjasama dengan organisasi handycraft yang berkompeten.”Kita optimis akan dapat mencapai target tersebut”, pungkas Aguslan.(su/s.i)

 

Photo :Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman didampingi Kadisnakerkop Aguslan Simanjuntak, SE, dan Camat Sei Rampah Drs. Haparudin Saragih meninjau hasil kerajinan tangan dari anggota Forum Komunikasi Pengrajin Accesories Sergai yang bertempat di Dusun VIII Pematang Pelintahan Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah Sergai, Rabu (21/9).(Si/su)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *