Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga

  • Whatsapp

Oleh;
DR.dr. Robert Arjuna *
Terpetik berita menghebohkan seorang kakek tua Terres Mora dari Brazil merayakan HUT yang kena 113 di dunia ini.pria tercatak usia tertua dalam kehidupan manusia beda dengan ayah ibunda pak Ferry yang berusia 88 tahun dan 82 tahun kehidupan perlu dituntut karena pikun kencing dan berak ditanah jalan harus dibantu kursi rodacdan maksn selalu jatuh ditanah,memang diusia lanjut ini susah tak bisa mandiri padahal waktu mda mereka sebagai kepala sekolah dan guru di sekolah.

Setiap tanggal 29 Mei adalah Hari Lanjut Usia Nasional dan diperingati secara nasional untuk mengingatkan para kaum usia lanjut apa yang harus dipersiapan di usia lanjut dengan tidak menimbulkan beban bagi orsng lain
maupun keluarga dan diberikan tema ” LANJUT USIA BAHAGIA BERSAMA KELUARGA”Usia lanjut adalah sebuah kodrat alami, di usia lanjut atau disebut lansia adalah sebuah pilihan,banyak yang keliru mengangap usia lanjut adalah sebuah fenonema alamiah yang tak bisa dikutak katik , secara alamiah, tubuh kita akan mengalami penuaan yang ditandai dengan terjadinya perubahan bentuk fisik dan fungsi tubuh yang mulai menurun. Seiring dengan bertambahnya usia, timbul juga beberapa masalah yang harus anda perhatikan.

Kelompok lansia menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah setiap orang yang telah berumur 60 tahun (ke atas), baik yang masih produktif (masih bekerja) maupun yang sudah tidak produktif. Mereka yang berusia 46-59 tahun pun sudah dianggap “mendekati” lansia, atau disebut “pralansia”.Sejak tahun 1996, setiap tanggal 29 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). Adapun tema nasional untuk HLUN tahun ini adalah “Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga”

Lansia atau lanjut usia adalah periode dimana manusia telah mencapai kemasakan dalam ukuran dan fungsi. Selain itu lansia juga masa dimana seseorang akan mengalami kemunduran dengan sejalannya waktu. Ada beberapa pendapat mengenai usia seseorang dianggap memasuki masa lansia, yaitu ada yang menetapkan pada umur 60 tahun, 65 tahun, dan ada juga yang 70 tahun.

Tidak dapat dimungkiri bahwa bertambahnya usia membawa pilihan dan tantangan tak mudah. Dibutuhkan sumber daya mental tertentu yang dapat menavigasi transisi khas penuaan dan mencapai kepuasan serta pemenuhan diri.

Lansia itu Anugrah. Tidak setiap orang berkesempatan menjadi lansia. Karenanya harus disyukuri, apapun keadaannya. yang sehat dan aktif, bahagia karena masih berdaya. yang sudah tak lagi aktif, bahagialah karena masih berumur panjang, masih ada waktu dan kesempatan untuk bersyukur dan berdaya guna. Sekecil apapun, meski hanya senyum, adalah manfaat bagi sesama. Manusia mulia adalah yang masih bermanfaat bagi sesama. Hidup Lansia!! Lansia adalah anugrah yang istimewa. Satu di antara keajaiban kehidupan.

FUNGSI TUBUH
Fungsi tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia. Proses penuaan umumnya berawal dari munculnya keriput, kemudian secara perlahan sistem kekebalan tubuh mulai melemah, sehingga lebih mudah terkena penyakit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena penuaan memang tidak bisa dihentikan tapi bisa diperlambat. Meski sudah memasuki usia 60-an, Anda tetap bisa hidup dengan sehat dan bugar
Adapun perubahan tersebut yang antara lain seperti:
1. Perubahan pada sistem pernafasan.
2. Perubahan pada pendengaran.
3. Perubahan pada penglihatan.
4. Perubahan pada indera pengecap, pembau dan peraba.
5. Perubahan pada sistem syaraf.
6. Gangguan pada sistem jantung.
7. Gangguan sistem kemih.
8. Gangguan pada sistem endokrin/metabolik.
9. Penurunan sistem pencernaan.
10. Gangguan fungsi sendi, ligamen, otot, dan tendon.
11. Penurunan sistem kulit dan jaringan ikat.
12. Penurunan sistem reproduksi dan kegiatan seksual

Saat bertambah usia, bukan berarti Anda tidak perlu lagi memerhatikan kondisi kesehatan dan mental. Pasalnya, setiap manusia berhak memiliki kesempatan untuk hidup sehat dalam waktu yang lama. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang sudah memasuki masa lansia.

Seiring dengan pertambahan usia, Anda pun mengalami berbagai perubahan, baik secara fisik maupun mental. Maka itu, Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian gaya hidup agar kesehatan sebagai lansia tetap terjaga.

PENCEGAHAN
Penyesuaian gaya hidup yang tepat juga dapat membantu Anda mencegah berbagai penyakit serius, termasuk diabetes, penyakit jantung, hingga kanker. Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan lansia, seperti berikut ini.
Apa yang bakal dihadapi pada usia lansia :
1. Tetap aktif
2. Meningkatkan produksi hormon endorfin, yang bisa mengurangi stres.
3. Meningkatkan kekuatan tulang.
4. Mengonsumsi makanan sehat
5. Memastikan memperoleh waktu istirahat yang cukup
6. Menjaga hubungan baik dengan orang lain
7. Menjaga ingatan tetap kuat
8. Menjalani hidup bahagi
9. Kekurangan Nutrisi
10. Penyakit Penyerta
11. Kemampuan Berpikir Menurun
12. Permasalahan Psikis
13. Dianggap tidak mandiri

BAHAYA PADA MASA LANSIA
Pada beberapa waktu disepanjang kehidupan seseorang terdapat bahaya serius yang lebih potensial sehingga proses penyesuaian pribadi dan social tidak dapat dilakukan secara baik pada usia lanjut. Sebagian dari masalah ini disebabkan oleh karena menurunnya kemampuan mental orang yang berusia lanjut lebih mudah diserang oleh bahaya potensial dibandingkan pada usia sebelumnya.
1. Bahaya fisik
2. Penyakit dan hambatan fisik
3. Kurang gizi
4. Mengendurnya kemampuan social
5. Kecelakaan
6. Bahaya psikologis

Penelitian acap menunjukkan bahwa kebanyakan lansia lebih bahagia daripada usia dua puluhan yang dianggap berada di puncak kehidupan. Orang yang berusia di atas 65 tahun memiliki pandangan paling stabil dan optimistik dari semua orang dewasa. (Laura Carstensen, pakar penuaan dalam “A Long Bright Future”, 2011)

Tony Robbins, ahli strategi kehidupan dan bisnis serta penulis terlaris New York Times, mengatakan bahwa pemenuhan sejati tidak datang dari harta benda, kekayaan, atau kesuksesan semata. Daripada mengharap kesuksesan untuk mendapatkan kepuasan, kita harus mengalihkan perhatian kita pada pemenuhan itu sendiri

Demikian sekilas info, semoga bermanfaat,tetap patuhi protokol kesehatan apa lagi untuk kaum lansia,
Sebab covid19 tetap disekililing kita masih mendancam,mari belajar hidup sehatwalafuat dan mandiri.
RobertoNews1436 《29.5.22(07.45)》
Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait