Lanjutkan Tahapan, PPK Tambelangan Sampang Laksanakan Bimbingan Teknis E-Coklit

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com – Tahapan demi tahapan mulai dilaksanakan oleh PPK Kecamatan Tambelangan, salah satunya adalah pembentukan Pantarlih sekaligus bimbingan teknis, Selasa (25/6/2024).

Melalui bimbingan teknis tersebut diharapkan nantinya data yang diperoleh benar-benar akurat dan sinkron dengan data kependudukan yang ada di Kabupaten.

“Kami berharap dari data yang didapat benar-benar rasional sehingga apa yang terjadi saat Pilkada 2019 lalu tidak terulang, kita ketahui karena data yang kurang akurat sehingga terjadi Pemilihan ulang se-kabupaten,” harap Subairi ketua PPK Kecamatan Tambelangan.

Selanjutnya Bairi menekankan jika tugas dari Pantarlih adalah Mencoklit data yang kemudian nantinya dijadikan acuan daftar pemilih tetap (DPT).

“Saya kira teman-teman semua paham betul dengan tugas yang akan dilakukan, mengingat ini semua orang lama, yang sebelumnya sudah berpengalaman saat pemilihan legislatif (Pileg) kemarin,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan Bimtek tersebut sangat penting bagi Pantarlih, untuk melakukan Coklit (Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih) di lapangan, karena dengan bekal pengetahuan yang di dapat saat bimtek dapat menjadi kompas yang tentunya akan mempermudah proses di lapangan.

“Semoga kegiatan Coklit ini dapat berjalan lancar dan menghasilkan data pemilih yang benar dan akurat,” katanya.

Namun demikian perlu kami ingatkan karena saat ini urusan pendataan sudah menganut de jure bukan lagi de facto, sehingga validasi data bisa dipertanggungjawabkan, “Jadi buat semua anggota Pantarlih nanti semua yang disampaikan pemateri benar-benar dipahami,” pungkasnya.

Untuk diketahui, acara bimbingan teknis Pantarlih di Kecamatan Tambelangan dibagi menjadi dua gelombang, dengan rincian satu gelombang dengan 5 Desa dan dilaksanakan dalam satu hari. (FA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait