Peningkatan Pelayanan Sentra Wisata Kuliner Di Convention Hall

  • Whatsapp
Gambar Wisata Kuliner Convention Hall

Oleh
Dewi Casmiwati, Rini Fatmawati, Wildan Taufik Raharja, Nurul Sih Widanti
Pada hari Senin, 24 Juni 2024, civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Hang Tuah melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Penmas), Sentra Wisata Kuliner (SWK) Convention Hall. SWK ini merupakan salah satu Sentra Wisata Kuliner di Kota Surabaya. Tujuannya ialah menghimpun para Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar Kelurahan Gebang Putih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Jumlah mereka sekitar 30 penjual yang sebelumnya berjualan di sekitar jalan raya, depan toko dan depan rumah mereka yang kemudian dijadikan 1 tempat. PKL di SWK Convention Hall berjualan makanan, seperti Gado-Gado, minuman, Soto Ayam, Rujak Petes dan sebagainya, seperti tampak pada Gambar berikut.

Kegiatan Penmas ini berangkat dari masalah pengunjung yang ramai pada jam tertentu, utamanya jam makan siang. Selebihnya cenderung sepi, padahal menurut PKL berbagai upaya sudah dilakukan, seperti menggunakan Go-Food, menyamakan harga dengan PKL di SWK yang lain. Namun kenyataannya, pengujung tidak ramai, yang menyebabkan beberapa stand tutup.
Guna membantu memecahkan persoalan ini, Tim Penmas mengadakan penyuluhan mengenai Pelayanan yang baik dalam proses penjualan makanan dan minuman. Pelayanan bagi UMKM kuliner pada dasarnya bertujuan agar konsumen puas dan kembali lagi. Oleh karena itu terdapat beberapa hal yang disampaikan, mulai dari bagaimana bersikap yang baik dan ramah kepada pembeli, harga yang terjangkau, kebersihan stand berikut lingkungan di sekitarnya, kenyamanan dikaitkan dengan fasilitas pendukung seperti kamar mandi, kursi, meja, pencahayaan serta kemudahan dalam transaksi baik buat pembeli yang datang langsung maupun melalui online. Semua hal ini penting diperhatikan oleh PKL kuliner untuk mendatangkan pelanggan.


Gambar Kegiatan Penmas oleh Tim Penmas
Sebelum kegiatan dilakukan, tentunya Tim yang diketuai oleh Dewi Casmiwati, didukung oleh Rini Fatmawati, Wildan Taufik Raharja dan Nurul Sih Widantii sudah melakukan survey sehingga ketika pelaksanaan, Tim bisa diterima PKL di Sentra Kuliner dengan baik. Selain itu dalam pelakasanan Penmas, ada keterlibatan mahasiswa S-1 dengan tujuan mereka bisa menerapkan teori yang didapatkan di kelas.

Harapa ke depan, SWK Convention Hall semakin baik di dalam pelayanan kepada pembeli, sekaligus bisa meningkatkan pendapatan mereka. Situasi ini didukung oleh faktor lokasi SWK Convention Hall Gebang Putih yang strategis. Terdapat ITS, UHT, dan WR. Supratman, UWK, UNTAG dan UNITOMO yang cukup dekat, dan mendatangkan para pelajar dari berbagai tempat di Indonesia. Hanya tantangannya semakin banyak cafe dan tempat kuliner lain yang menawarkan konsep yang lebih modern dan kekinian., dalam arti tempat terbuka, banyak lampu di malam hari dan WiFi gratis, utamanya di sekitar Jalan Ir. Soekarno (dewi.casmiwati@hangtuah.ac.id).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait