Lewat Employee Volunteering, BPJS Ketenagakerjaan Bikin Pelajar Cerdas Jaminan Sosial

  • Whatsapp
Teks Foto: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak, Deni Suwardani, saat employee volunteering di SMK Tehnik PAL Surabaya, Rabu (24/7/2019).

SURABAYA, beritalima.com | BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak melakukan kegiatan employee volunteering. Kali ini, Rabu (24/7/2019), kegiatan sosial karyawan ini memperkenalkan program jaminan sosial ketenagakerjaan pada pelajar SMK Tehnik PAL Surabaya.

Kegiatan dengan tema “Cerdas Jaminan Sosial Ketenagakerjaan” ini dilakukan di ruang kelas, dan mendapat perhatian serius 40 pelajar setempat.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak, Deni Suwardani, turun langsung dalam kegiatan ini. Kurang lebih 1,5 jam dia menerangkan tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial bagi pekerja.

Selain itu, tentu, Deni juga menjelaskan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan. Dia mengatakan, ini merupakan program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

Setidaknya, lanjut Deni, program ini mencegah masyarakat jatuh miskin bila pekerja mengalami kecelakaan kerja, meninggal dunia, dan di masa tuanya.

Karena dengan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini, bila pekerja mengalami kecelakaan kerja, seluruh biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit sampai sembuh ditanggung penuh oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Jika pekerja meninggal dunia, ada santunan buat ahli warisnya, dan kalau sudah tidak bekerja ada jaminan sosial yang diberikan.

Untuk itu, pesan Deni, semua ini harus dipahami, dan hak jaminan sosial ini harus didapatkan jika mereka sudah bekerja.

Sebaliknya, jika nanti jadi pimpinan perusahaan atau pemberi kerja, mereka pun wajib memberi perlindungan jaminan sosial pada seluruh pekerjanya, mendaftarkannya ke BPJS Ketenagakerjaan.

Paparan Deni yang gamblang mengundang antusias para siswa berebut tanya. Di antaranya, apakah kalau mereka praktek kerja nyata juga terlindungi jaminan sosial?

“Siswa praktek kerja berhak mendapat perlindungan dua program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Apalagi mereka lebih rawan kecelakaan dibandingkan pekerja yang sudah pengalaman,” jawab Deni.

Akan tetapi, lanjut Deni, ini perlu koordinasi dengan pimpinan sekolah dan pimpinan perusahaan tempat siswa magang atau pratek kerja, terkait pembayaran iurannya.

Deni memberi gambaran, setiap siswa yang magang di kantornya pasti mendapat perlindungan, dan iurannya diambilkan dari sebagian honorarium mereka.

Pada media ini Deni mengatakan, kegiatan employee volunteering ini semua biayanya dari keikhlasan karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak.

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan karyawan,” kata Deni. “Ini inisiatif rekan-rekan sekantor sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sosial,” tandasnya.

Mengenai bentuk dan sasaran kegiatan pada pelajar, menurut Deni, karena ini juga bermanfaat bagi mereka.

“Pengetahuan tentang jaminan sosial ketenagakerjaan juga perlu mereka miliki, karena mereka nantinya juga akan kerja, sehingga mereka tahu hak dan kewajiban saat masuk dunia kerja,” pungkasnya. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *