“Lili Sari Songket” Asli Wong Kito Palembang Punyo

  • Whatsapp

Palembang, beritaLima – Songket dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tenun yang bersulam emas (perak) biasanya dikenakan kaum wanita.

Siapa yang tidak kenal dengan songket asal Sumatera Selatan? Sulaman benang emas yang menyelimuti kain tenun dengan bahan nan lembut, membuat wanita tampil percaya diri dan memiliki daya tarik yang khas.

 

Berwarna gemerlap menjadikan penampilan wanita tampak glamor dan mewah, namun tetap mewakili kebudayaan asal Provinsi Sumatera itu. Semakin modern, semakin banyak pula designer-designer kreatif yang menciptakan berbagai desain unik sedemikian rupa sehingga membuat masyarakat ingin mengoleksi songket dalam jumlah yang banyak. Hal ini juga dapat mengangkat kebudayaan asal Palembang itu sendiri.

Songket dipakai untuk acara khusus, seperti seserahan pernikahan, acara kondangan, dan acara- acara besar lainnya. Songket selain dikenakan di bahu, bisa juga dipakai sebagai sarung dan juga di kepala seperti mengenakan sorban, dengan dimodelkan melingkari bagian kepala dan bahan kaku segitiga berdiri ke arah atas.

Songket terdiri dari berbagai jenis . Seperti Songket Lepus, Songket cantik manis, Songket rakam tulang, Songket bunga cino, Songket limar dan lainnya.

Teknik pengerjaan dalam pembuatan songket yang tidak mudah menjadi pembeda antara songket Sumatera Selatan dengan songket daerah lainnya.

“Maka tidak salah kalau harga songket Palembang yang kian mahal. Semakin indah rupanya, semakin mahal pula harga penjualannya”, demikian disampaikan Lili Sari pemilik Toko grosir Lili Sari Songket di Palembang.

Lili panggilan akrabnya menyampaikan, peminat songket asal palembang bukan hanya masyarakat sumatera selatan, melainkan dari berbagai daerah di Indonesia bahkan manca Negara seperti Singapura, Malaysia, bahkan Amerika serikat. “Alhamdulillah, kami selaku pengrajin tenun palembang merasa bangga dan bersyukur. Karena songket asal kota pempek Palembang banyak peminatnya”, pungkas Lili Sari.

“Lili Sari Songket”
Pusat grosir Alamat; Gedung pasar 16 ilir lantai 1 blok B no 155 Palembang Sumatera Selatan
Telp Sms WhatsApp di 081278017077

(Nn)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *