Lima Peserta BPJS Ketenagakerjaan Pacitan Dapat JKM di Peringatan Sumpah Pemuda

  • Whatsapp

PACITAN, beritalima.com – Lima ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis (KCP) Pacitan terima santunan Jaminan Kematian (JKM) di upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 dan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-73 di halaman pendapa Kabupaten Pacitan, Senin (29/10/2018).

Santunan secara simbolis itu diserahkan langsung oleh Bupati Pacitan, Indartato, disaksikan ratusan peserta upacara dan tamu undangan. Lima penerima adalah ahli waris peserta bernama Kun Farida Khotim, Djumari, Katminem, Sujarno, dan Susilo Edy.

Disebutkan, Kun Farida Khotim semasa hidupnya pegawai Dinas Perikan Pacitan, Djumari dan Katminem pengurus RT.2 dan RT.3 di RW yang sama, RW.08 Dusun Jeruk Desa Sedeng, Sujarno kayawan UD Mekar Sari, dan Susilo Edy perangkat Desa Wiyoro. Mereka masing-masing terima santunan Rp 24 juta.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Pacitan, Indra Gunawan, mengatakan, santunan JKM memang sebesar itu, karena meninggalnya bukan akibat kecelakaan kerja. Jika meninggal karena kecelakaan kerja, santunannya Rp 48 juta, plus bea pendidikan anak Rp 12 juta.

Kelima peserta tersebut hanya ikut program wajib BPJS Ketenagakerjaan, JKM dan JHT (Jaminan Kecelakaan Kerja). Santunan JKK dibayarkan jika peserta mengalami kecelakaan kerja, untuk menjamin bea pengobatan dan perawatan medis peserta sampai sembuh. Besaran JKK tanpa batas alias unlimited.

Selain JKK dan JKM, lanjut Indra, dua program BPJS Ketenagakerjaan lainnya adalah Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) yang manfaatnya untuk mensejahterakan peserta bila tidak bekerja dan sudah tua.

Indra juga menyampaikan, hingga September 2018 BPJS Ketenagakerjaan KCP Pacitan telah membayar total 1200 klaim JKK, JKM, JHT dan JP, yang nominalnya sejumlah Rp 6.373.125.452,-.

Di samping itu dia menambahkan, sangat mengapresiasi kebijakan Bupati Pacitan yang berkenan menyerahkan santunan JKM di acara ini. Menurutnya, ini tidak hanya membuktikan sinergitas antara pihaknya dengan Pemkab, tapi juga menunjukan kepedulian Bupati Indartato pada masyarakat atas kebutuhan perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. (Ganefo)

Teks Foto: Bupati Indartato saat menyerahkan santunan JKM pada ahli waris 5 peserta BPJS Ketenagakerjaan di acara peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Jadi Provinsi Jatim di halaman pendapa Kabupaten Pacitan, Senin (29/10/2018).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *