Literasi Hastakarya Digelar Perpustakaan Proklamator Bung Karno

  • Whatsapp

BLITAR, beritalima.com –  Tarian Gelangrum persembahan Sanggar Patria Loka mengawali kegiatan Literasi Hastakarya dan peluncuran buku yang mengambil tema ”  Merajut Keterampilan Menggapai Kesejahteraan ” yang digelar UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno pada Selasa ( 22-23/09/2020 ) yang mengambil tempat di Amphi Teater UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang dihadiri oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota dan Kabupaten Blitar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, para Kepala OPD di Pemerintah Kota dan Kabupaten Blitar, para penulis buku yang telah menghasilkan buku – buku yang diluncurkan pada acara tersebut yakni buku ” Jejak Sang Putra Fajar ” dan buku ” Cerita Setelah Fajar “.


Kegiatan Literasi Hastakarya kali ini menghadirkan nara sumber Ari Asih Pratiwi, Ketua Komunitas Rajut Bogor dan peserta workshop yang merupakan bagian dari Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Model transformasi yang kini dikembangkan oleh perpustakaan adalah perpustakaan berbasis inklusi sosial dengan menjadikan program penguatan literasi untuk kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.


Dalam pengantar sambutan yang disampaikan Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Dra, Janti Suksmarini, MM menjelaskan bahwa ”  Perpustakaan memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, mandiri dan mampu berdaya saing di era global. Hal ini sesuai dengan peran perpustakaan dalam mewujudkan masyarakat berpengetahuan dan berkeahlian. Oleh karena itu, kegemaran membaca dan memanfaatkan layanan perpustakaan agar dapat menjadi bagian dari hidup keseharian masyarakat “, jelasnya. 


Janti Suksmarini menambahkan bahwa ” Perpustakaan adalah ruang terbuka bagi masyarakat untuk mempertinggi pengetahuan sebagai prasyarat partisipasi dalam pembangunan dan berkontribusi aktif mendukung pembangunan manusia, dalam upaya mempercepat pengurangan kemiskinan yang disebabkan karena persoalan konektivitas dengan sumberdaya pengetahuan, ketersediaan sumberdaya untuk meningkatkan kompetensi diri dan pada saat ini perpustakaan melakukan transformasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat agar lebih memberikan manfaat yang lebih besar “, tambahnya.


Sebelum kegiatan Literasi Hastakarya digelar, acara didahului peluncuran dan penanda – tanganan buku – buku secara simbolis dimana buku – buku tersebut merupakan hasil karya peserta Workshop literarasi menulis kreatif ” History Telling ” Pemikiran Bung Karno  dan Workshop ” Travel Note ” Karya Ilmiah Bung Karno. ( hen/ich )

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait