Lomba Masak Ikan dan Gemarikan Tahun 2016

  • Whatsapp

Serdang Bedagai (SUMUT), Beritalima-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mempunyai potensi disektor perikanan diantaranya perikanan tangkap dan perikanan budidaya dimana potensi ini dapat memenuhi kebutuhan konsumsi ikan. Oleh karenanya  acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dengan jenis yang beragam. Disamping potensi perikanan Kabupaten Sergai juga mempunyai potensi wisata bahari yang sangat menjanjikan, demikian juga dengan kuliner berbahan baku ikan.

Hal ini dikemukakan oleh Wakil Bupati (Wabup) Sergai Darma Wijaya dalam sambutannya pada acara lomba masak ikan tingkat Kabupaten dan Gemarikan di halaman Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) di Komplek Bumi Sergai Sei Rampah, Selasa (20/9).

Acara yang mengangkat tema “I Love Fish, Ayo Makan Ikan Biar Tubuh Sehat Kuat dan Cerdas” turut dihadiri Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. drg. Khairani Hadi Winarno, para investor Mr. Ramsesh Gupta dan Mr. Sidharth Gupta dari India, Mr. Kim Sai Wan dari Singapura dan Mr. Hisar Gurning dari Jakarta, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa, Kepala SKPD serta undangan lainnya.

Lebih lanjut dikemukakan Wabup Darma Wijaya untuk meningkatkan produksi ikan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat melalui Diskanla telah melakukan program minapolitan dengan telah berhasil meningkatkan produksi perikanan budidaya dari 21.760 ton tahun 2014 menjadi 27.258 ton ditahun 2015.  Untuk perikanan tangkap dari tahun 2014 sebanyak  24.106 ton menjadi 25.363 ton ditahun 2015 dan hasil olahan 1.700 kg/tahun serta konsumsi ikan mencapai 36kg/kapita/tahun.

Dengan adanya kegiatan yang merupakan event tahunan nasional ini diharapkan bisa memacu peningkatan produksi perikanan dan konsumsi ikan. Pengetahuan pengolahan ikan yang baik, benar,  menarik serta terus berinovasi,  ujar Wabup Darma Wijaya.

Sebelumnya Kadis Kanla Hj. Sri Wahyuni Pancasilawati dalam sambutannya mengatakan tujuan dan sasaran dari kegiatan ini adalah Pertama, untuk memasyarakatkan aneka menu masakan ikan yang beragam, bergizi serta berimbang sesuai dengan potensi sumber daya wilayah untuk konsumsi keluarga, Kedua, untuk meningkatkan gizi keluarga sehingga tercipta masyarakat sehat sejahtera, Ketiga, mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menyusun dan menciptakan menu makanan bagi keluarga dengan bahan utama ikan dan Keempat, untuk menumbuhkan pemahaman dan kecintaan masyarakat agar selalu membiasakan makan ikan sejak dini.

Sedangkan peserta lomba sebanyak lebih kurang 200 orang yang terdiri dari ibu-ibu PKK Kecamatan se-Sergai, Kepala SKPD, kelompok pengolah hasil perikanan, kelompok tani pembudidaya ikan serta masyarakat sekitar, kata Sri Wahyuni Pancasilawati.

Diakhir acara diserahkan piala kepada pemenang lomba yang diraih oleh Juara I Kecamatan Sei Bamban, Juara II Kecamatan Perbaungan dan Juara III Kecamatan Pantai Cermin.

(su/si)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *