beritalima.com

LSM LIRA Himbau DPR, DPD dan MPR “LOCKDOWN” Pasca Anggota Dewan Mulai Berjatuhan Korban Virus Corona

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | LSM LIRA (Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat) menghimbau Dewan Perwakilan Rakyat, baik Pusat maupun Daerah untuk sementara membatasi atau menghentikan aktivitasnya (Lockdown) pasca anggota dewan mulai berjatuhan korban Virus Corona (Covid-19). Begitu juga Dewan Perwakilan Daerah (DPD) maupun Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

beritalima.com

Sebagaimana diberitakan media setidaknya dua anggota dewan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra meninggal akibat terinfeksi Virus Corona. Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PDIP, Iman Suroso meninggal karena terinfeksi Virus Corona. Demikian juga Anggota DPR RI dari Gerindra, Imran. Ia menghembuskan nafas di RS. Bahteramas, Sulawesi Tenggara

“Melihat kondisi ini ada baiknya Ketua DPR, MPR, dan DPD serta pemerintah untuk membatasi aktivitas anggota dewan dan bila mungkin lockdown sementara hingga wabah Virus Corona mereda,” demikian saran Presiden LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal menjawab pertanyaan media di Jakarta.

Menurutnya, lebih baik setiap anggota Dewan yang mengalami gejala terpapar Virus Corona, memiliki riwayat perjalanan dari dan ke daerah yang terpapar serta yang pernah berdekatan dengan terinfeksi Virus Corona memeriksakan diri. Lebih baik lagi jika semua dewan sadar diri memeriksakan karena belum tentu yang terpapar itu juga memiliki gejala awal.

Dikatakan potensi penyebaran Virus Corona terhadap anggota Dewan sangat mungkin terjadi karena interaksi yang luas maupun karena berkumpulnya, seperti rapat-rapat di ruangan tertutup. Buktinya saat ini sudah dua orang meninggal. Itu belum termasuk yang terpapar yang mungkin tidak terdeteksi dini.

Saat ini di Indonesia yang terpapar Virus Corona sudah menembus angka 1000 orang dan tidak tertutup akan terus bertambah, mengingat penyebaran yang terus meluas keberbagai daerah. Sementara pemerintah memiliki keterbatasan untuk menyiapkan alat deteksi dini, masker maupun APD (Alat Pelindung Diri)

Untuk itu lanjut pria yang juga Sekjen Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) dan Waketum Bidang OKK KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) itu, Anggota Dewan dan Seluruh Partai Politik hendaknya bisa Fokus membantu pemerintah cegah bahaya penyebaran Virus Corona. Setiap anggota dewan turun ke masing-masing daerah pemilihan untuk membantu sosialisasi  agar masyarakat makin memahami bahaya Virus Corona maupun membatasi keluar rumah, khususnya jelang bulan suci ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Partai dan anggota dewan ikut bantu penyemprotan desinfektan, bagi-bagi masker ke masyarakat. Jangan hanya ketika mau kampanye bagi-bagi kaos, sembako, dll. Giliran masyarakat butuh masker, anggota dewan seolah tidak ada. Saatnya para legislator berbuat,” tutur Jusuf Rizal yang menyebutkan LSM LIRA juga bagi-bagi pembersih tangan buat masyarakat.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait