Luapan Sungai Di Jatiroto Kabupaten Lumajang Menggugah Kesadaran Umat

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Jajaran polres Lumajang bersama-sama komunitas masyarakat di Lumajang
memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir akibat meluapnya sungai di Jatiroto. Bantuan dalam berbagai macam bentuk, mulai dari bantuan makanan, pakaian layak pakai hingga keperluan sehari-hari. Jum’at pagi (28/12/2018).

Di samping memberikan bantuan Jajaran Polres Lumajang bersama komunitas masyarakat, antara lain HIPMI, BADAK, RS Bhayangkara, Prasbara Saka Bhayangkara, Koramil Rowokangkung, Bhayangkari Cabang Lumajang, Satpam PG Jatiroto dan Puskesmas Sumbersari, melaksanakan kerja bakti di desa Sidorejo dan desa Wungurejo, kecamatan Rowokangkung.

Sesampai di lokasi, Kapolres Lumajang AKBP DR Muhamad Arsal Sahban SH SIK MH MM yang memang memimpin rombongan ini langsung mengambil apel dan memberikan arahan kepada seluruh relawan yg berjumlah 214 orang tersebut. Seusai apel ini, para relawan langsung dibagi dalam kelompok kecil, dan langsung mendatangi lokasi yg telah ditentukan untuk membantu warga membersihkan rumahnya lantaran banjir terpantau mulai surut.

Dalam kegiatan ini, nampak rasa berbagi, gotong royong dan saling bahu membahu bersama warga mengeluarkan sofa dari dalam rumah untuk selanjutnya dijemur, membersihkan kasur yg sempat beberapa hari terendam, hingga membersihkan lantai dari lumpur yg sempat masuk kedalam rumah warga.

Tak kalah penting, beberapa anggota dari Polres Lumajang, Polsek Rowokangkung dan Koramil Rowokangkung nampak mengangkat karung berisi pasir dan dibawa menuju ke pinggir sungai. Hal ini berfungsi untuk membuat tanggul sementara, sehingga jika dalam waktu dekat air kembali naik, setidaknya masih bisa menahan luapan sungai tersebut. Direncanakan dalam waktu dekat pemerintah akan membuat beberapa alternatif agar banjir tahunan ini tidak kembali terjadi di waktu yg akan datang.

Diantaranya adalah membuat sodetan di pinggir sungai, meninggikan pinggir sungai, hingga mengeruk dasar sungai agar debit air yg mampu ditampung sungai tersebut dapat bertambah.Di sela-sela kegiatan ini, kapolres mengungkapkan, “kegiatan ini merupakan kegiatan dalam rangka kemanusiaan, bencana banjir sudah sangat meresahkan bagi warga sekitar”, kata Arsal Sahban.

“Berbagai macam bantuan sudah digalakkan dan kerja bakti, ini juga bantuan yang sangat membantu bagi masyarakat karena lumpur yang menumpuk akibat sisa banjir yang telah surut. Alhamdulillah dengan kerja beramai-ramai semua dapat diatasi dengan mudah. bantuan alat-alat kebersihan seperti wipol, kain pel, sapu dll diberikan kepada warga dan sekaligus digunakan saat kerja bhakti”, tambah Arsal Sahban.

Kegiatan berjalan kondusif berkat kerja sama antar masing masing relawan yang membantu membersihkan sisa-sisa banjir di Desa Sidorejo dan desa Wungurejo kecamatan Rowokangkung. Tampak warga cukup antusias serta sangat tertolong dengan bantuan kali ini.

Salah satu dari ibu-ibu korban banjir mengucapkan terimakasih sudah dibantu, “Saya pribadi cukup terbantu, apalagi tadi juga dibantu membersihkan lumpur dari dalam rumah saya. Bantuan obat obatan juga sudah masuk, semoga bencana ini cepat teratasi”, ungkap ibu Tumirah, salah satu warga yg rumahnya terkena banjir luapan sungai Jatiroto ini. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *