Mahasiswa KKN UMM Ajak Warga Wonorejo Mampu Mandiri Mengelola Budidaya Ikan Lele

  • Whatsapp
Penyerahan alat pakan otomatis kepada pemuda Karang Taruna

Kota Malang, beritalima.com| Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 12 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar workshop budidaya ikan lele dan hasil pertanian bagi masyarakat desa Wonojero, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang pada Senin (29/7/2019).

Acara Workshop ini diselenggarakan di Balai desa Wonorejo, dihadiri Perangkat Desa, Karang Taruna, Ibu-Ibu PKK, dan masyarakat Desa Wonorejo.

Dalam workshop tersebut, warga tidak hanya mendapatkan ilmu budidaya lele dan pemasaran online, namun juga mendapatkan praktek mengenai alat pakan otomatis dan produk makanan dari ikan lele. Workshop ini mengangkat Pemberdayaan masyarakat lokal melalui budidaya, pengelolaan, dan pemasaran produk lele dan hasil pertanian.

Sekertaris Desa Wonorejo M. Bagus Mukmin mengatakan dengan adanya kegiatan workshop seperti ini diharapkan mampu menjadi pemicu semangat untuk warga desa Wonorejo dan nantinya bisa menjadi ciri khas dari desa Wonorejo.

Menurutnya Desa Wonorejo memiliki sumber daya air yang tergolong melimpah sehingga dianggap mampu untuk menjadi tempat budidaya lele dan mampu mengembangkan potensi yang ada di desa Wonorejo.

Sementara itu, dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 12 Drs. Moh. Jufri, ST, MT mengapreasiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswanya. Menurutnya acara ini sangat bermanfaat dan mampu mengembangkan potensi yang ada di desa Wonorejo.

Warga desa Wonorejo antusias mengikuti serangkaian acara workshop ini. Karena meskipun banyak warga desa yang mencoba untuk budidaya lele namun sangat jarang ada forum-forum diskusi bersama yang membahas mengenai budidaya dan olahan produk dari ikan lele.

Sedangkan Ketua pelaksana Bayu Dwi Raharja berharap setelah adanya acara ini masyarakat Desa Wonorejo mampu mandiri dalam pengolahan budidaya ikan lele dari mulai pembibitan sampai penjualan produk hasil olahan.
(***An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *