Mahasiswi FH UNAIR Raih Gelar Wakil II Duta Pustaka Jawa Timur 2022

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com|
Menjadi mahasiswa hukum bukan berarti hanya bisa berprestasi di bidang hukum, tetapi juga di bidang nonhukum seperti prestasi olahraga, seni, hingga ajang duta.

Dalam perkembangannya, mahasiswa hukum yang berprestasi di bidang nonakademik dapat menjadi nilai plus tersendiri karena menguasai skills di luar bidang hukum yang dapat membantu di masa depan.

Salah satu mahasiswi yang memiliki prestasi nonakademik tersebut yaitu Tiara Astri. Mahasiswi yang akrab disapa Tiara itu merupakan mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH UNAIR) angkatan 2019. Ia berhasil menyabet gelar Wakil II Duta Pustaka Jawa Timur 2022.

Literasi Tidak Hanya Baca Tulis
Tiara menjelaskan Duta Pustaka bertugas untuk menjadi role model bagi generasi muda di bidang literasi dan pelestarian naskah kuno.

Tiara mengatakan jurusannya saat ini sebenarnya sangat berhubungan dengan gelar Duta Pustaka yang diamanahkan kepadanya, karena literasi tidak terpaku pada literasi baca tulis saja tetapi juga berarti memaksimalkan potensi diri dalam kehidupan sehari-hari.

“Literasi ini mencakup membaca kata dan membaca dunia. Literasi dasar itu sebenarnya ada enam, yaitu literasi baca tulis, literasi finansial, literasi budaya dan kewarganegaraan, dan lain-lain yang penting untuk kita miliki pada masa sekarang,” tutur Tiara.

Menambah Relasi dan Pengalaman

Tiara bercerita selama mengikuti proses seleksi Duta Pustaka Jawa Timur 2022, ia mendapatkan banyak pengalaman berkesan dan relasi yang keren. Ia jadi mengenal banyak orang dari berbagai latar belakang.

“Saya jadi mengenal orang-orang dari Dinas, dari perpustakaan. Selama jadi Wakil II Duta Pustaka Jawa Timur, ada banyak program yang harus dilaksanakan. Perwakilan duta dari setiap kabupaten juga harus membuat program khusus untuk kabupaten yang diwakili,” ujar Tiara.

Untuk seluruh finalis Duta Pustaka Jawa Timur 2022, sambung Tiara, juga saling berkolaborasi dalam membuat beberapa project tertentu.

Angkatan Pertama Duta Pustaka Jawa Timur

Duta Pustaka Jawa Timur sendiri, jelas Tiara, baru membuka seleksi pada tahun ini. Jadi, ia merupakan angkatan pertama Duta Pustaka Jawa Timur. Ajang Duta Pustaka Jawa Timur, diinisiasi oleh Zain Halik, pendiri OneStarManagement yang merupakan management yang bergerak di bidang modelling, tari, menyanyi, Master of Ceremony.

“Untuk seleksinya digelar sejak 25 September 2022 sampai dengan grand final-nya pada 4 Desember 2022 yang diadakan di Lagoon Avenue Mall, Surabaya,” terang Tiara.

Kesan dan Pesan

Sebagai penutup, Tiara menyampaikan kesan dan pesannya selama mengikuti ajang pemilihan Duta Pustaka Jawa Timur 2022.

“Kalau mau ikut ajang duta seperti ini, ya ikut saja. Menang atau kalah itu biasa. Saya dulu juga pernah kalah, tetapi dari kekalahan itu saya akhirnya meng-upgrade diri untuk ajang-ajang selanjutnya,” tutup Tiara. (Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait