Main Mata, KPU Sampang Loloskan Peserta PPS Dengan Nilai Anjlok

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com – Pengumuman hasil seleksi calon anggota PPS yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang menuai sorotan banyak peserta karena terindikasi tidak profesional dan penuh manipulasi.

Hal itu muncul setelah Surat KPU Sampang dengan nomor Pengumuman : 47/PP.04.1-Pu/3527/2023 tentang Penetapan Hasil Seleksi Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara Untuk Pemilihan Umum 2024 ditetapkan dan banyak yang mendapat nilai besar saat tes tulis digugurkan.

Menurut salah satu peserta seleksi PPS yang meminta namanya untuk tidak dipublikasikan, menilai KPU Kabupaten Sampang terindikasi main mata dengan oknum tertentu, sehingga bisa meloloskan peserta yang diinginkan meski dengan nilai anjlok.

“Saya menjadi yakin ini ada permainan KPU Sampang, sehingga nilai ujian sudah tidak jadi dasar untuk bisa lolos. Melainkan orang dalam,” duga salah satu peserta asal Kecamatan Camplong.

Ia menilai mestinya nilai tertinggi pada tes tulis bisa dijadikan dasar bagi KPU Sampang untuk menetapkan siapa yang layak dan tidak, jika tidak begitu menurutnya percuma ada istilah tes tulis jika hasilnya tidak dipakai.

“Percuma dong ada tes tulis dan tes wawancara kalau hasilnya yang ditetapkan tetap rekomendasi orang dalam, yang nilai kecil lolos yang tinggi jadi anjlok, kan aneh, tidak ada pertimbangan lain untuk meloloskan nilai anjlok kecuali suap,” jelasnya.

Sementara Ketua KPU Sampang, Adi Imansyah saat dihubungi salah satu peserta yang merasa tidak puas memilih bungkam, pesan yang dikirim hanya dibaca dan tidak dibalas.

Beberapa kali diminta penjelasan di mana letak dirinya tidak diloloskan, Ketua KPU Sampang tak bisa memberikan jawaban meski dibaca. (FA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait