Maksimalkan Vaksinasi, Dinkes Sampang Bakal Sasar Ibu Hamil

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com – Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Kabupaten Sampang hingga saat ini masih belum memaksimalkan proses vaksinasi terhadap ibu hamil, dan masih dalam tahapan agenda launching.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Plt Kepala Dinkes dan KB Sampang Agus Mulyadi mengatakan, pekan depan pihaknya mengagendakan launching vaksinasi bagi ibu hamil. Kalau tidak, sebenarnya pihaknya sudah bergerak ke bawah melalui Polindes dan juga Poskesdes.

“Sebenarnya, sesuai surat edaran mulai 2 Agustus 2021 kemarin, dapat dimulai pemberian vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dengan prioritas pada daerah risiko tinggi,” ucapnya, Jumat (24/09/2021).

Dia juga menjelaskan untuk vaksin yang nantinya dapat digunakan bagi ibu hamil ini adalah vaksin Covid-19 flatform mRNA Pfizer dan Moderna, dan vaksin platform inactivated Sinovac, sesuai ketersediaan.

“Pemberian dosis ke 1 vaksinasi Covid-19 tersebut, dimulai pada trimester kedua kehamilan, dan untuk pemberian dosis ke 2 dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin,” ujarnya.

Menurutnya, vaksinasi bagi ibu hamil akan dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis dan ketentuan peraturan perundang-undangan, dengan menggunakan format skrining pada kartu kendali pada ibu hamil.

Selanjutnya Agus berpesan bagi seluruh Masyarakat, meskipun sudah melakukan vaksinasi agar tetap tidak lalai dalam mengikuti anjuran Gugus Tugas Covid-19, “Tetap gunakan protokol kesehatan dan lindungi diri dan keluarga dari penyebaran Covid-19 dengan vaksin,” pungkasnya. (FA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait