Mal Malang Plaza Dilalap Api Hingga Ludes Terbakar

  • Whatsapp
Mal Malang Plaza terbakar dini hari, hingga pagi sekira pukul 06.34 WIB api masih membesar, kebakaran gedung pusat perbelanjaan elektronik di Jalan Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, ini diketahui terjadi sejak pukul 02.00 WIB, bahkan 15 unit damkar dikerahkan untuk memadamkan api Selasa 02/05/23.

Kota Malang, beritalima.com | Mal Malang Plaza terbakar dini hari, hingga pagi sekira pukul 06.34 WIB api masih membesar, kebakaran gedung pusat perbelanjaan elektronik di Jalan Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, ini diketahui terjadi sejak pukul 02.00 WIB, bahkan 15 unit damkar dikerahkan untuk memadamkan api Selasa 02/05/23.

Pantauan di lokasi hingga pukul 10.00 WIB, petugas masih berjibaku melakukan pendinginan di lokasi kejadian. Sebab informasi yang didapat di bagian belakang mal belum sepenuhnya titik api api padam

Bacaan Lainnya

“Ada sekitar 15 unit mobil yang dikerahkan, Jumlah ini bertambah dari Selasa dini hari tadi, sebab ada suplai tambahan mobil tangki air dari PDAM Kota Malang. Saat ini pendinginan damkar oleh damkar 10 unit Damkar, ditambah 3 dari perusahaan, dan 2 dari PDAM,” ujar Kapolsek Klojen, Kompol Syabain Rahmad, Selasa (2/5/2023).

Menurutnya api memang telah dilaporkan padam, namun saat ini petugas Damkar dibantu suplai air dari unit mobil tangki PDAM dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berupaya melakukan pembasahan.

“Pengawasan kami sudah padam, tapi ini pendinginan agar tidak menimbulkan bahaya untuk tim yang melakukan penyelidikan baik dari Polresta Malang Kota maupun Polda Jatim,” tuturnya.

Pihaknya belum bisa memastikan seberapa parah kerusakan akibat kebakaran yang terjadi pada Selasa dini hari sekitar pukul 00.30 WIB ini. Hal ini karena petugas masih akan menunggu penyelidikan dari tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur.

Sementara Walikota Malang Sutiaji menyampaikan bahwa berdasarkan data awal yang diterima dari Pemadam Kebakaran Kota Malang, sumber api diduga kuat berasal dari lantai tiga dan terjadi kurang lebih pada pukul 00.30 WIB.

“Sementara (api) info yang diterima diduga berasal dari lantai tiga, kondisinya sudah habis, dan untuk melakukan pemadaman api yang membakar salah satu pusat perbelanjaan ada 13 mobil pemadam,” ujar Sutiaji.

Menurutnya, sebanyak 13 mobil pemadam kebakaran tersebut berasal dari Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kabupaten Malang dan Pemerintah Kota Batu. Petugas telah melakukan proses pendinginan pada pusat perbelanjaan tersebut pada Selasa pagi.

“Dilakukan pembasahan, pada lantai dua,” katanya.

Ia menambahkan, petugas pemadam kebakaran sudah melakukan pembasahan pada tiap sisi bangunan agar tidak merembet pada bangunan lain yang ada di sekitar pusat perbelanjaan itu. Sebagai informasi, Malang Plaza berada pada deretan kompleks pusat perbelanjaan.

“Sudah dilakukan pembasahan supaya tidak menjalar ke bangunan yang lain,” katanya.

Terkait dengan nilai kerugian akibat kebakaran tersebut, Pemerintah Kota Malang akan melakukan koordinasi dengan pihak pengelola dan manajemen pusat perbelanjaan tersebut. Termasuk untuk memastikan berapa banyak pelaku usaha yang terdampak.

“Akan berkoordinasi dan mendirikan posko aduan, berapa jumlah yang terdampak. Ada kurang lebih 60-70 kios, nanti akan kita identifikasi dengan manajemen termasuk kerugian,” katanya.

Pusat perbelanjaan Malang Plaza terbakar pada Selasa dini hari (2/5/2023) sekitar pukul 00.30 WIB. Pusat perbelanjaan itu merupakan salah satu sentra jual beli telepon genggam dan juga terdapat ritel pakaian dan bioskop. (*Red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait