Manafat Sunat Bagi Kesehatan Laki

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Saat ke rumah Pak Alisyah ,saya melihat kedua anak laki kok pakai peci dan sarung,lalu saya bertanya kenapa berdua pakai sarung.pak Ali bicara bahwa kemarin baru dilakukan sunnat kakak beradik,yang umur 6 dan 5 tahun sekaligus dan minggu depa adakan syukurlan,lain hal dengan Pak Salim yang tak bersunat akibatnya istrinya terkena kanker Rahim,begitu pula Bu Sanny terkena Kanker Rahim gara gara suami tak bersunat juga

Sunat atau sirkumsisi merupakan suatu tindakan bedah untuk membuang kulup/prepusium/kulit kepala penis. Tujuan dan manfaatnya adalah untuk membuat kepala penis expose / terbuka sehingga mudah dibersihkan dan mengurangi resiko terjadinya infeksi bahkan mengurangi resiko terjadinya kanker penis.

Setelah melahirkan anak laki-laki, satu hal yang perlu Anda pertimbangkan demi kesehatan mereka adalah sunat atau khitan. Terlepas dari fakta bahwa tindakan ini menjadi bagian dari agama atau tradisi, terdapat manfaat sunat yang telah terbukti secara ilmiah dan baik untuk kesehatan anak-anak dan orang dewasa.
Manfaat sunat bagi kesehatan tidaklah sedikit, antara lain menurunkan risiko terjadinya penyakit menular seksual dan infeksi saluran kemih. Anda tidak perlu khawatir bila ingin disunat, karena prosedur ini tidak akan memengaruhi kesuburan atau mengurangi kenikmatan Anda saat berhubungan seksual.

APA ITU SUNAT?
Sunat adalah proses pelepasan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Tak hanya pada orang dewasa dan anak-anak, sunat atau sirkumsisi juga bisa dilakukan terhadap bayi.Manfaat sunat bagi kesehatan tidaklah sedikit, antara lain menurunkan risiko terjadinya penyakit menular seksual dan infeksi saluran kemih. Anda tidak perlu khawatir bila ingin disunat, karena prosedur ini tidak akan memengaruhi kesuburan atau mengurangi kenikmatan Anda saat berhubungan seksual.Di Indonesia, proses ini umumnya dilakukan saat anak laki-laki memasuki usia sekolah dasar atau sekitar 6–10 tahun. Semakin tua usia anak laki-laki atau pria yang disunat, semakin bertambah juga risiko, tingkat kerumitan, dan lama proses penyembuhannya.

MANFAAT SUNNAT
1. Mengurangi risiko terjadinya penyakit seksual menular, seperti herpes atau sifilis
2. Mencegah terjadinya penyakit pada penis, seperti nyeri pada kepala atau kulup penis yang disebut fimosis
3. Mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih yang berkaitan dengan masalah ginjal
4. Mengurangi risiko terjadinya kanker penis dan kanker serviks pada pasangan
5. Membuat kesehatan penis lebih terjaga, karena penis yang disunat lebih mudah dibersihk
6. Mengatasi balanitis
7. Mencegah parafimosis

RESIKO SUNAT
1. Infeksi
2. Gangguan saluran kemih
3. Kulit kulup mungkin terpotong terlalu pendek atau terlalu panjang
4. Sisa kulup dapat menempel kembali ke ujung penis
5. Perdarahan, terutama pada pria yang memiliki gangguan pembekuan darah
Demikian sekilas info ,pengetahuan sunnat, sudahkan anda lakukan sunat?
Robertonews 1626《 21.11.22(05.00)》
*Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait