Manfaat Berjemur Matahari

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Ketika saya sedang jalan pagi terlihat sekelompok manusia sedang bertelanjang dada berjemur pagi di lapangan luas Setelah saya dekati dan bertanya mereka spontan jawab katanya untuk naik imun di era Pandemi.Pak Salim berkata dia berjemur hampir 2 th sejak wabah Covid memwabah badanku hitam tapi sehat sehari rata jemur 1 jam penuh antara pagi pukul 09.00-10.00.Berbeda dengan wisatawan bule yang suka berjemur di Pantai Kuta Bali pada siang matahari panas.Rupanya berjemur itu penting.Pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Di waktu inilah, sinar matahari masih belum terik sehingga Anda mendapatkan manfaat gratis kesehatan alami.Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit dan diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D ini dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.

MANFAAT BERJEMUR
1. Menurunkan Tekanan Darah
2. Meningkatkan Kesehatan Tulang
3. Meningkatkan Fungsi Otak
4. Bantu Hilangkan Depresi Ringan
5. Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur
6. Mengurangi Gejala Alzheimer
7. Bantu Sembuhkan Beberapa Kelainan Kulit
8. Tingkatkan Pertumbuhan Anak
9. Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh
10. Mengurangi Risiko Kanker

KAPAN BERJEMUR PALING IDEAL:
Pendapat mengenai waktu berjemur yang baik pada jam berapa, masih beragam di kalangan para ahli kesehatan. Ada yang berpendapat bahwa waktu berjemur di bawah sinar matahari yang baik adalah pada saat pagi hari karena dapat terhindar dari risiko kanker kulit. Namun, ada pendapat lain bahwa waktu berjemur yang baik adalah saat siang hari.

World Health Organization (WHO) mengelompokkan indeks UV menjadi 1-10, di mana
1. 1 merupakan kadar UV paling rendah (09.00-10.00 )
2. 10 adalah kadar UV paling tinggi (di atas jam 10.00 pagi).
Bagi yang ingin berjemur dalam waktu yang lama, sebaiknya lakukan pada jam 09.00-10.00 pagi. Pada waktu tersebut, risiko bahaya paparan sinar UV tergolong kecil. Kita dapat berjemur sambil berolahraga atau jalan santai dengan aman pada jam tersebut selama 15 menit. Akan tetapi, sah-sah saja apabila ingin berjemur di atas jam 10.00 pagi. Namun, perlu diketahui bahwa berjemur di atas jam 10.00 pagi, bahaya paparan sinar UV tergolong besar, seperti meningkatkan risiko kanker kulit. Maka, tidak disarankan berjemur lama-lama pada waktu tersebut, atau sebaiknya kurang lebih cukup selama 5 menit saja.
Kecukupan asupan vitamin D bagi tubuh dapat menghindar tubuh dari penyakit rheumatoid arthritis, tuberkulosis, multiple sclerosis, Diabetes tipe 1 dan osteomalacia. Kekurangan vitamin D pada anak dapat mengakibatkan penyakit rakitis. Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dipercaya dapat mengurangi risiko infeksi virus Corona, meski hal ini masih membutuhkan pembuktian lebih lanjut.Selain itu, sinar matahari berperan penting di dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan paparan sinar matahari dapat mengatasi sejumlah kondisi kulit. Sejumlah dokter pun merekomendasikan radiasi sinar UV untuk menangani kulit berjerawat, eksim, sakit kuning, dan psoriasis. Akan tetapi, terapi radiasi sinar UV ini mungkin tidak dapat untuk semua penderita. Konsultasikan hal ini dengan dokter ahli kulit terkait.Meski demikian, sebaiknya hindari berjemur pada kisaran pukul 10.00-16.00 karena dapat mengakibatkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko timbulnya kanker kulit. Sebagai perlindungan, gunakan topi, pakaian lengan panjang, celana panjang dan kacamata anti UV yang meminimalkan terpaparnya kulit terhadap sinar matahari. Disarankan juga untuk menggunakan payung atau berlindung di bawah atap ketika matahari sedang terik-teriknya.

Tips berjemur :
a) Cahaya matahari terbaik adalah yang menyinari tubuh secara langsung.
b) Saat berjemur di bawah sinar matahari, lakukanlah aktivitas lain, seperti jalan santai, duduk sambil bermain ponsel atau membaca buku di area terbuka, menyiram bunga, berkebun. mencuci kendaraan, menyapu halaman rumah, dan lain sebagainya.p
c) Gunakan pakaian lengan panjang (gunakan warna terang agar sinar matahari dapat mengenai kulit tubuh Anda dengan maksimal), kacamata hitam, dan topi. Terlebih jika ingin berjemur di bawah sinar matahari pada pukul 10.00 pagi agar terhindar dari risiko kanker kulit.
d) Gunakan lotion kulit pelindung sinar matahari yang mengandung setidaknya SPF 24 atau di atasnya.
e) Beristirahat sebentar atau menyudahi berjemur jika kulit mulai terasa panas.
f) Perbanyak asupan air putih apabila ingin menghabiskan waktu yang cukup lama di bawah sinar matahari agar terhindar dari dehidrasi.
Demikian agar dimaklumi .semoga membawa manfaat bahwa berjemur di mentari itu penting.
RobertoNews 1165《20.12.21(07.28)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait