Manfaat Buah Lemon Dari Kehidupan

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS *
Lagu Koesplus selalu bergeming di telinga kita bahwa :”Bukan lautan hanya kolam susu, tongkat & kayu jadi tanaman”
di alam pertiwi dimana saja tanah kita permai &subur,segala jenis tanamanpun tumbuh subur apalagi tumbuhan buah
Lemon subur dimana saja dalam perut bumi ibu pertiwi. Tahukah peran lemon buat kesehatan? Mari kita bahas…
Terpetik berita bahwa banyak ibu ibu ingin langsing dan kelihatan sexy maka minum lemon adalah kesukaannya asal bangun pagi & mau tidur selalu diteguk satu gelas lemon saat perut kosong sehingga menimbulkan efek samping mual dan muntah sebagainya,
Lemon merupakan salah satu buah yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang asam membuat lemon jarang dikonsumsi langsung, sehingga sering dicampur dengan makanan atau minuman lain, seperti salad atau teh hangat, untuk memberikan cita rasa yang segar.Di balik rasanya yang asam, ada banyak sekali manfaat lemon yang sayang untuk dilewatkan Lemon mengandung beragam nutrisi yang menjadikannya baik untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mencegah penyakit jantung.Rasa asam yang kuat pada lemon ini berasal dari kandungan asam sitrat, yaitu senyawa asam yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
Lemon sudah lama dikenal sebagai buah yang mengandung banyak khasiat. Tak hanya lezat untuk dikonsumsi, jeruk lemon juga bisa diaplikasikan dari luar untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat lemon untuk kulit tersebut tak lepas dari banyaknya kandungan zat penting yang dimiliki. Sebelum membahas mengenai manfaat jeruk lemon, ada baiknya Anda mengenali dulu kandungan-kandungan jeruk lemon yang bermanfaat untuk tubuh dan kulit.

KANDUNGAN LEMON
Di dalam 100 gram lemon, terkandung sekitar 29 kalori dan beragam nutrisi berikut ini: Karbohidrat,Protein Gula
Serat,Kalium, Kalsium Berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Fosfor, magnesium, zinc, dan berbagai jenis antioksidan, seperti hesperidin, diosmin, dan eriocitrin.

MANFAAT LEMON :
1. Menyehatkan jantung
2. Mencegah penyakit batu ginjal
3. Meningkatkan daya tahan tubuh
4. Mengontrol gula darah
5. Mencegah kanker
6. Detoksifikasi
7. Meningkatkan daya tahan tubuh
8. Menyehatkan saluran pencernaan
9. Mencegah anemia
10. Menjaga kesehatan kulit
11. Menjaga berat badan

PANTANGAN LEMON
Efek samping lemon ,minum air lemon terlalu banyak bisa
1. memicu heartburn, mual dan muntah
2. memperburuk sariawa
3. memicu meningkatnya produksi urin di ginjal dan pada kasus tertentu menyebabkan dehidrasi
Meski dapat memberikan banyak manfaat, sebagian orang perlu berhati-hati dalam mengonsumsi lemon. Pasalnya, lemon mengandung asam sitrat yang dapat menimbulkan nyeri ulu hati pada kondisi tertentu, seperti pada penderita penyakit asam lambung atau GERD.Bila Anda penyakit asam lambung, sebaiknya hindari konsumsi lemon saat perut sedang kosong atau menjelang waktu tidur, sebab hal ini dapat membuat asam lambung mudah naik ke tenggorokan dan menimbulkan rasa nyeri.Kandungan asam sitrat pada lemon juga dapat mengikis enamel gigi. Untuk menghindari hal ini, Anda disarankan berkumur dan menyikat gigi setelah mengonsumsi lemon agar asam tidak menempel pada permukaan gigi.
Oleh sebab itu menghimbau pada ibu ibu bahwa lemon tetap bisa diminum tapi jangan salah minum waktu perut kosong sebaiknya perut terisi agar tidak merusak lambung, Anda Sehat Kami Bangga!
RobertoNews 1068 《8.10.21(20.55)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait