Manfaat Daun Srikaya Untuk Hidup Sehat

  • Whatsapp

Srikaya, termasuk tanaman tropis yang banyak tumbuh di Asia dan Amerika Selatan. Bagian buahnya biasanya diambil untuk dimakan karena rasanya manis dan kaya vitamin C. Namun selain buahnya, ternyata ada juga manfaat daun srikaya sebagai obat herbal.

Sejumlah tanaman, telah dipercaya manfaatnya dalam mengatasi sejumlah gejala penyakit. Srikaya pun menjadi salah satunya. Tanaman ini bahkan telah dimanfaatkan dalam metode Ayurveda, untuk perawatan sejumlah penyakit.
Manfaat daun srikaya sudah diteliti di Indonesia

Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta menerbitkan sebuah hasil penelitian mengenai efektivitas tumbuhan srikaya bagi kesehatan. Dokter penyakit dalam dari Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas, dr. Haidar Alatas, Sp.PD.KGH. melakukan penelitian dengan menggunakan suplemen, ekstrak, biji, serta daun srikaya.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa konsumsi suplemen srikaya oleh penderita hipertrigliserida (trigliserida tinggi), bisa mengurangi tingkat trigliserida.

Trigliserida merupakan lemak dalam darah, yang digunakan tubuh sebagai energi. Apabila jumlahnya berlebihan, tubuh akan mengalami tumpukan lemak di sejumlah bagian, termasuk pinggul dan perut.
Manfaat daun srikaya bisa dirasakan untuk apa saja?

Daun srikaya biasanya digunakan secara tradisional dalam perawatan untuk berbagai jenis penyakit. Menurut penelitian, bagian daun dari tumbuhan srikaya mengandung senyawa alkaloid yang antara lain berguna sebagai antidiare dan antimikroba, juga mengandung senyawa ketones yang berguna bagi tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi.

Mungkin belum banyak yang mengetahui maupun mempraktikkan pengobatan dengan daun srikaya. Padahal sebenarnya, dengan cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah, Anda bisa mengolah daun srikaya untuk beberapa manfaat berikut ini.

Menstabilkan gula darah:
Kaya akan serat, daun dari tanaman srikaya telah dikenal khasiatnya dalam memperlambat penyerapan gula di dalam tubuh kita. Sehingga, daun srikaya bisa menjaga kadar gula darah tetap pada batas normal.
Memelihara kesehatan jantung:
Daun yang juga kaya akan kalium dan magnesium ini juga memberikan manfaat untuk menenangkan otot jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi daun ini bisa menurunkan risiko terhadap stroke dan penyakit jantung.
Memperlancar metabolisme dan menambah energi:
Daun srikaya juga berfungsi untuk membilas racun dari dalam tubuh. Air rebusan daun srikaya ini juga bisa meningkatkan metabolisme dan menambah energi Anda, untuk beraktivitas sepanjang hari.
Meredakan nyeri rematik:
Manfaat antiradang dan analgesik juga ditemukan pada daun srikaya. Oleh karena itu, meminum air rebusan daun srikaya juga membantu meredakan nyeri yang muncul, karena penyakit rematik maupun nyeri sendi.
Mencegah penuaan dini pada kulit:
Kandungan antioksidan pada daun srikaya bisa melindungi kulit Anda dari bahaya paparan sinar matahari, dan menghambat penuaan sel-sel kulit.
Membantu mengurangi kutu rambut:
Anda juga bisa menghilangkan kutu rambut secara alami dengan campuran daun srikaya halus dan minyak kelapa. Untuk kasus yang lebih parah sebaiknya segera ke dokter agar mendapat hasil maksimal.
Mengatasi kanker
Daun sirsak dipercaya mengatasi kanker, tidak hanya itu bahkan dikenal juga sebagai pencegah kanker mulai dari kanker payudara hingga paru-paru. Untuk mendapatkan khasiatnya, daun sirsak dapat dibuat menjadi teh atau mengonsumsi suplemennya.
Memberikan efek menenangkan:
Khasiat lain dari daun sirsak adalah sebagai anti spasmodik dan memberi efek menenangkan sehingga membantu mengurangi rasa cemas dan stres.

Daun srikaya bisa dikonsumsi dalam bentuk teh

Saat ini, telah tersedia teh herbal yang terbuat dari daun srikaya. Sebenarnya, teh daun srikaya bukanlah teh sesungguhnya, seperti halnya teh hitam maupun teh hijau.

Teh daun srikaya ini hanya menggunakan daun srikaya sebagai bahannya. Jadi, berbeda dari teh pada umumnya, teh daun srikaya tidak mengandung kafein.
Meski bermanfaat, tetap waspadai efek samping daun srikaya

Meski menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang tak main-main, srikaya ternyata mengandung sejumlah komponen racun. Srikaya dan buah lain dengan spesies Annona ini, memiliki kandungan annonacin, yaitu racun yang berisiko menimbulkan gangguan pada otak dan sistem saraf.

Dalam pemakaian jangka panjang, srikaya pun berisiko memicu gangguan fungsi gerak, bahkan menyebabkan gejala serupa penyakit Parkinson. Misalnya tremor atau otot yang kaku.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, dalam masa kehamilan maupun menyusui, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter, sebelum mengonsumsi srikaya, termasuk daunnya. Faktanya, berbagai manfaat daun sirsak masih belum diketahui pasti efektivitas serta keamanan bagi tubuh, sehingga masih harus diteliti kembali.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *