Manfaat Makan Kurma Di Bulan Ramadan

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr.Robert Arjuna FEAS*
Di beberapa TV Nasional selalu ada iklan tentang efek kurma terhadap kesehatan,begitu banyak pasien Diabetes Mellitus selalu bertanya bolehkan orang sakit Gula makan Kurma dan di bulan puasa Apa manfaat Kurma dalam bulan puasa ?

Buahnkurma yang bernama Phoenix dactylifera merupakan buah yang biasa dikonsumsi saat bulan puasa. Kurma (Phoenix dactylifera) merupakan tanaman buah tertua yang ditanam di daerah kering terutama di saudi Kandungan dalam buah kurma dapat mengembalikan energi dan mengganti elektrolit yang hilang selama berpuasa. Buah kurma mengandung potassium atau kalium. Manfaat potassium atau kalium adalah untuk mengontrol detak jantung, fungsi otak, mengurangi rasa lelah setelah beraktivitas. Buah kurma juga merupakan sumber energi instan karena terdapat gula yang tinggi berupa fruktosa dan glukosa.

Tak hanya itu saja, buah kurma dapat menjadi pilihan alami dalam memelihara mukosa lambung ketika Sobat menjalankan ibadah puasa. Kurma memiliki sifat antiradang dan protektif, sehingga menjaga lambung tetap sehat selama Ramadan.

Kandungan yang didalam buah karma adalah kalori, protein,lemak,karbohidrat, magnesium, besi
Serat,vitamine dan Potasium dan Ada beberapa manfaat diantaranya;
1. Mencegah Anemia
2. Mengontrol tekanan darah
3. Meningkatkan Kesuburan
4. Menjaga Kesehatan Tulang
5. Menangkal Radikal Bebas
6. Mengontrol tekanan darah
7. Mengontrol kadar gula darah
8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
9. Membantu Memenuhi Asupan Gizi
10. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata
11. Jadi Menu Tambahan dalam Diet
12. Melindungi Tubuh dari Peradangan
13. Mencegah pertumbuhan sel kanker
14. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung
15. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang
16. Menunjang kesehatan sistem pencernaan
17. Menunjang kekuatan dan kesehatan tulang
18. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan KalorMencegah Penyakit Kronis
19. Baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin yang dikandungnya

NUTRISI DALAM KURMA
1. Vitamin B1: ini dapat melindungi penderita diabetes dari kerusakan saraf yang mungkin terjadi karena penyakit diabetes.
2. Vitamin B6: Vitamin ini membantu pasien diabetes memiliki sistem syarat yang sehat dan berguna dalam mengobati neuoropati diabetik.
3. Vitamin A: ini dapat mempertahankan penglihatan penderita diabetes dengan melawan retinopati diabetik, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya penglihatan bagi orang-orang yang menderita diabetes.
4. Vitamin B5: juga dikenal sebagai Asam Pantotenat. Ini dapat mengurangi risiko masalah neurologis dan sensasi terbakar pada kaki. Keduanya biasa terjadi pada kasus diabetes.
5. Tembaga: ini dapat mengurangi banyak masalah biokimiawi seperti oksidasi jaringan yang berlebihan dan glikasi yang merusak protein pada penderita diabetes.
6. Magnesium: ini membantu dalam mengurangi peluang terkena diabetes tipe 2, karena ketika seseorang menderita diabetes, ia kehilangan magnesium karena kadar gula darahnya tinggi.
7. Kalium. Pada penderita diabetes jenis ginjal perlu berhati-hati saat mengonsumsi makanan mengandung kalium.
Walaupun Kurma ditanam di Arab dan dikemas di Indonesia, mempunyai manfaat ganda bagi kesehatan kita, semoga sajian singkat ini berguna bagi anda
RobertoNews1779《29.3.24 (08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kedokteran

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait