Masuk 3 Besar Pemimpin Muda Yang Disukai Di Jatim, Ning Lia: Bangun Peran Tanpa Jabatan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Seperti diketahui, Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) telah mengumumkan hasil surveinya terkait kecenderungan sikap pemilih terhadap kepemimpinan di Jatim menjelang Pilgub dan Pilpres 2024.

Populasi survei adalah seluruh warga Jawa Timur yang sudah memiliki hak pilih dalam pemilihan umum dan sudah berusia 17 tahun atau yang sudah menikah. Dari populasi yang dipilih secara random (multistage random sampling) ada sebanyak 1200 responden. Survei ini dengan margin of error kurang lebih 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh tim survey yang terlatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dan sampel didatangi kembali oleh supervisor (spot check). Waktu wawancara lapangan 20-31 Oktober 2021.

Dalam hasil survei ARCI tersebut, tidak hanya melaporkan hasil survei Pilgub Jatim, melainkan juga survei terhadap pemimpin muda di Jawa Timur. Menurut Baihaki, untuk mengukur hal tersebut, lembaganya mengajukan pertanyaan berupa: ”Dari sekian banyak pemuda di Jawa Timur yang berusia di bawah 40 Tahun sudah menjadi pemimpin baik organisasi sosial kemasyarakatan maupun sebagai kepala daerah, menurut anda dari nama – nama pemimpin muda ini siapa yang paling anda sukai ?.
Hasilnya menunjukkan, Emil Elistianto Dardak ( Wagub Jatim ) 19,6 %, kemudian Fandi Ahmad Yani ( Bupati Gersik ) 15,7%, Lia Istifhama ( Ketua Pertani HKTI Jatim) ) 15,2 % , Muhammad Nur Arifin ( Bupati Trenggalek ) 14,2 %, Muhammad Muhdlor Ali ( Bupati Sidoarjo ) 7,9 %, Syafiq Syauqi ( Ketua PW Ansor Jatim ) 7,8 %, Muhammad Al – Barra ( Wabup Mojokerto ) 5,2 % , Dwi Maria Ulfa ( Wabup Kediri ) 1,7 %, R. Abdul Latif Amin Imron ( Bupati Bangkalan ) 1,2 % , Hanindhito Himawan Pramana ( Bupati Kediri ) 0,9%, Aditya Halindra Faridzky ( Bupati Tuban ) 0,6% , dan menjawab Tidak Tahu / Tidak Menjawab 10 %.

Dari hasil tersebut, tiga besar terhenti pada Emil Elistianto Dardak, Fandi Ahmad Yanida, dan Lia Istifhama (Ketua Pertani HKTI Jatim). Ning Lia pun menjadi perempuan teratas dalam survey tersebut. Dihubungi via seluler setelah melantik Perempuan Tani HKTI Jember pada Sabtu (6/11/2021), aktivis asal Surabaya tersebut menjelaskan prinsip hidupnya, yaitu ‘kaum perempuan punya peran dan bangunlah peran tanpa harus memiliki jabatan.’

“Terkait survey tersebut, saya tentunya bersyukur. Karena bagi saya, ini adalah potret kado atas ikhtiar Perempuan Tani HKTI di Jatim. Dalam hal ini, kami selama turun ke masyarakat, ingin melakukan ikhtiar memiliki peran, meskipun dengan cara sederhana. Kami ingin menjadi potret masyarakat yang kembali ke masyarakat. Dan itu semua tidak harus memiliki jabatan publik terlebih dahulu.”

Ning Lia pun menggaungkan peran PESONA dalam karakter perempuan.

“Perempuan harus memiliki peran. karena perempuan memiliki PESONA. PESONA adalah karakter peduli, strong, dan naluri keibuan. Ketiganya ini pondasi penting bagaimana sebuah peran sejati bisa diberikan untuk orang lain. Kami pun ingin hadir dalam penguatan pertanian, terutama di Jatim. Dengan begitu, kita semua bisa mendukung Gubernur mewujudkan Jatim Bangkit Ekonomi Kuat.”

Selain, itu lanjut Baihaki, untuk Pilgub Jatim, hasil survei untuk Top of Mind mereka memilih Khofifah Indar Parawansa 25,08 persen, Tri Rismaharini 1,25 persen, Emil Elestianto Dardak 1,08 persen, Saifullah Yusuf 1,05 persen, Abdul Halim Iskandar 0,9 persen dan La Nyala M Mattalitti 0,6 persen.(red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait