Mbak, Kapan Kita Kerja WAXING ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Mungkin istilah “waxing ” bagi ibu ibu yang ingin tubuhnya indah dan sexy sudah tak asing kedengaran Apalagi di era modernisasi ini, Para ibu ingin dilihat cantek bergaya dalam penampilan,mereka tiap minggu masuk keluar ke klinik kecantikan,untuk metawat wajah dan tubuh kelihatan baik dan mulus .sehinggga klinik kecantekan now kelihatan ramai meladeni ibu ingin waxing.Bagi bulu ketiak kelihatan jelek dan bau maka ibu ibu suka lakukan waing di klinik kecantikan yang ada.

“Waxing dapat menghilangkan beberapa lapisan atas sel kulit mati yang membuat kulit terasa lebih halus,”karena pengangkatan sel kulit mati dengan waxing juga bisa mengatasi masalah kulit kusam dan efektif mencegah bulu tumbuh ke dalam (ingrown hair) Dengan perkataan lain bahwa Waxing adalah salah satu teknik atau cara menghilangkan bulu dalam jumlah banyak dengan mencabutnya menggunakan cairan khusus atau gula karamel yang telah dipanaskan.

Waxing adalah perawatan untuk menghilangkan bulu di tubuh. Waxing ini disebut juga sebagai prosedur perawatan kulit, yang sedang digandrungi oleh para wanita. Perawatan menggunakan waxing ini membuat kulit terlihat lebih mulus dan bersih.Waxing biasanya dilakukan pada kulit kaki, ketiak, lengan, dada, hingga di sekitar kemaluan yang disebut juga Brazilian waxing. Melakukan waxing secara mendiri di rumah bisa dilakukan, namun sebaiknya kamu perlu memahami langkah-langkah yang tepat agar menghindari kesalahan.

BAGIAN TUBUH YANG DIWAXING ADALAH:
1. lengan,
2. punggung,
3. perut,
4. alat kelamin atau bikini waxing,
5. betis dan paha,
6. wajah, kumis dan jenggot, dan
7. alis.

TEHNIK WAXING
Waxing membuat bulu tubuh tumbuh lebih lama bila dibandingkan dengan mencukur.
Teknik pencabutan ini akan mengangkat bulu sampai ke akarnya. Dengan begitu, rambut butuh waktu lebih lama untuk tumbuh mencapai permukaan kulit Setelah waxing, bulu biasanya baru tumbuh kembali dalam waktu 2–3 minggu. Pertumbuhan bulu pun bisa berkurang secara permanen. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mencukur setiap beberapa hari sekali. pelan pelan menarik kain kasa dari kulit yang dilakukan dalam teknik waxing membuat sel kulit mati terangkat sehingga kulit tampak lebih bersih, cerah, dan mulus. Teknik pencabutan ini juga cocok untuk menghilangkan rambut di berbagai area tubuh. Tekstur wax yang cair memudahkan Anda untuk mencabut bulu di area yang sulit dijangkau.
Bahan untuk waxing yang disebut wax akan dioleskan di atas kulit yang berbulu. Setelah itu, kulit ditutup dengan handuk atau kain kasa di atasnya. ain kemudian ditekan-tekan selama beberapa saat, lalu ditarik melawan arah tumbuhnya rambut sehingga rambut tercabut sampai ke akar.

MACAM MACAM WAXING :
1. Warm soft wax: wax berbahan dasar krim atau resin dan memerlukan kain kasa untuk mencabut bulu.
2. Warm hard wax: menggunakan lilin keras berbentuk seperti manik-manik yang harus dilelehkan terlebih dahulu. Jenis ini tidak memerlukan penggunaan kain kasa.
3. Cold soft wax: memakai lilin yang meleleh dalam keadaan dingin dan siap dioles ke tubuh atau di kain kasa.
4. Pre-made wax strips: menggunakan produk kain kasa yang sudah terdapat lilin wax di atasnya.
5. Sugar wax: serupa dengan warm soft wax, tapi menggunakan wax berbahan dasar gula dan lemon.
6. Fruit wax: serupa dengan warm hard wax yang pencabutannya tidak memerlukan kain kasa. Wax mengandung enzim buah-buahan untuk menutrisi kulit
7. French Wax
8. Brazilian Waxing

Menurut American Academy of Dermatology Association merekomendasikan beberapa hal berikut yang harus Anda lakukan sebelum mendapatkan perawatan ini.
1. Pastikan panjang bulu sudah sesuai. pastikan panjang rambut yang ingin dicabut sekitar 0,5–2 cm. Jika terlalu panjang, Anda bisa mengguntingnya terlebih dahulu.

2. Hindari krim retinoid ;Penggunaan produk perawatan kulit atau skincare berbahan retinoid memang baik untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Hanya saja, krim ini memiliki efek samping memicu iritasi.

3. Kurangi rasa nyeri :Beberapa orang memiliki toleransi rasa sakit yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda bisa menenangkan kulit menggunakan kompres kulit sekitar 30 menit sebelum waxing.

4. Bersihkan kulit dengan optimal ;Sebelum waxing, pastikan Anda mandi terlebih dahulu. Anda juga disarankan melakukan eksfoliasi ringan pada kulit untuk mengangkat sel kulit mati.

5. Pastikan kulit dalam keadaan sehat ; Kulit akan mengalami trauma kecil atau bahkan lesi saat bulu-bulu tercabut atau terkena panas wax. Oleh karena itu, lakukan perawatan kulit ini hanya saat kulit Anda sehat.

KONTRAINDIKASI WAXING :
1. iritasi
2. luka kecil atau besar,
3. kulit terbakar paparan sinar matahari,
4. memiliki penyakit kulit, (infeksi bakteri dan jamur yang bisa menular)

EFEK SAMPING WAXING :
1. Infeksi folikel rambut atau folikulitis
2. Hiperpigmentasi
3. Jaringan parut
4. Dermatitis kontak alergi

Waxing adalah salah satu metode mengurangi rambut pada tubuh yang aman. Pastikan Anda mengetahui komposisi wax untuk menghindari timbulnya alergi. Baik ketika waxing di rumah, salon, maupun klinik kecantikan, jangan lupa untuk memastikan kebersihan peralatan yang digunakan untuk mengurangi risiko infeksi kulit.
Demikian sekilas info,semoga bermanfaat.
RobertoNews 1749《 22.1.24(07.42)》
Praktisi Dokter& penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com

Pos terkait