Melebur Perbedaan Demi Persatuan, FISIP UMM Wujudkan PESMABA Luritas

  • Whatsapp

beritalima.com | Pandemi masih menjadi tantangan tersendiri bagi pelaksanaan Pengenalan Studi Mahasiswa Baru atau yang biasa disingkat dengan istilah Pesmaba. Begitu juga yang dialami oleh FISIP UMM. Seiring dengan turunnya level PPKM di kawasan Malang Raya, FISIP UMM tahun ini mengadakan Pesmaba dengan format luritas (luring terbatas) untuk menyambut para generasi baru Angkatan 2021. Sebagai konsekuensinya, kegiatan ini pun digelar melalui penerapan standar prokes yang ketat. Pesmaba luritas diikuti oleh seluruh maba FISIP 2021 melalui dua cara. Sebagian mengikuti kegiatan offline di lokasi acara, yaitu di Dome UMM, dan sisanya bisa mengikuti secara daring melalui zoom.

Wiebi Winarto, ketua panitia Pesmaba FISIP 2021 mengatakan meski diadakan secara luring terbatas namun semangat para maba tidak berkurang. “Sebab semangat kami sama, FISIP Satu Asa, kami satu tujuan. Kita memang berasal dari kondisi dan asal yang berbeda-beda, namun melalui kegiatan ini, kita semua melebur perbedaan itu menjadi semangat bersatu. Meski kita tidak bisa menjadi satu di lokasi secara bersama-sama namun semangat kita sama, FISIP Satu Asa,”jelas mahasiswa yang juga Wakil Gubernur Mahasiswa FISIP UMM ini.

Semangat bersatu dan merasa memiliki sebagai sebuah kesatuan di FISIP juga ditekankan oleh Dekan FISIP UMM, Dr. Rinikso Kartono, M.Si. Rinikso mengatakan mahasiswa baru FISIP harus merasa bangga karena menjadi keluarga besar FISIP UMM. “FISIP memiliki kasta tertinggi dibandingkan fakultas sospol di kampus-kampus lain di Malang Raya. Mengapa saya sebut memiliki kasta tertinggai, sebab kita memiliki dua prodi yang berstatus akreditasi Unggul yaitu Prodi Ilmu Pemerintahan dan Sosiologi. Di Malang Raya, hanya FISIP UMM yang memilikinya. Bahkan Prodi Sosiologi juga hanya satu di UMM saja yang terakreditasi Unggul. Prodi-prodi FISIP UMM yang lain seperti Komunikasi, HI dan Kesos juga sudah terakreditasi A. Prodi Ilmu Komunikasi juga baru saja memperoleh pengakuan internasional AUNQA, yang juga akan segera menyusul proses untuk sertifikasi internasional FIIBA,”ungkap Rinikso yang disambut gemuruh tepukan tangan maba.

Menurut doktor lulusan UI ini, mahasiswa baru dituntut harus lebih aktif dan kreatif, karena zamannya sudah berbeda dengan masa sebelumnya. “Harus punya tanggung jawab tinggi. Orang tua anda sudah berjuang susah payah, ada yang ketika berangkat (daftar kuliah,red) sudah punya uang, ada yang menabung bertahun-tahun demi anaknya bisa kuliah. Anda harus ingat-ingat ini sampai kapanpun,”pesannya. Credibility of moral juga menjadi satu kata kunci yang sangat penting ketika menjalani kehidupan sebagai mahasiswa. “Jangan sampai kena narkoba, jangan sampai melakukan tindakan kriminalitas. Ingatlah perjuangan orang tua anda, setidaknya jangan membuat malu orang tua. Semoga pilihan anda bergabung di FISIP UMM menjadi perjalanan spiritual yang mendukung kesuksesan anda kelak, selamat bergabung di FISIP UMM,”imbuhnya.

Dalam kegiatan Pesmaba yang akan digelar hingga Sabtu, 25 September nanti, maba FISIP 2021 akan mengikuti sejumlah kegiatan yang menarik. Pada hari pertama Pesmaba FISIP setelah pembukaan resmi, mahasiswa mendapatkan materi terkait pengenalan kultur akademik, pengenalan keuangan perkuliahan dan pengenalan kegiatan kemahasiswaan. Pada agenda kedua kemarin ada sejumlah materi leadership dan pengenalan unit kegiatan mahasiswa Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, M.IP juga dijadwalkan akan menjadi special guest dalam kegiatan Pesmaba FISIP di hari kedua. Namun kehadirannya diwakilkan oleh Kepala Bakesbangpol.. (wnd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait