Mendorong Kesejahteraan Petani BPJS Ketenagakerjaan Berikan Alat Pertanian

  • Whatsapp

BONDOWOSO, Beritalima.com – BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan alat pertanian berupa mesin potong rumput kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, Senin (30/10).

Bantuan alat pertanian ini diterima langsung oleh Bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Said Husni. Selain penyerahan alat pertanian, BPJS Ketenagakerjaan juga menyerahkan klaim santunan secara simbolis kepada peserta yang mengalami Kecelakaan Kerja baik Peserta Pekerja Formal dan Informal. 

“Kami juga juga menyerahkan secara simbolis Kartu Tani bank BNI dan kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan peserta Informal atau Bukan Penerima Upah donasi bank BNI. Sedangkan bantuan mesin potong rumput sebanyak 44 unit selanjutnya akan diserahkan kepada kelompok tani di Bondowoso,” ujar Abdul Cholik, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jawa Timur di Pendopo.

Menurutnya, penyelenggaraan jaminan sosial terdiri dari sembilan prinsip, yakni gotong royong, nirlaba, kehati-hatian, akuntabilitas, portabilitas, kepesertaan bersifat wajib, dana amanah dan dana kelolaan untuk pengembangan program, serta meningkatkan kesejahteraan peserta. BPJS Ketenagakerjaan mendukung pembangunan dan kemandirian bangsa. Selain itu, juga memiliki program tanggungjawab sosial lingkungan untuk membangun kualitas kehidupan yang berkelanjutan. 

“Hari ini kami menyerahkan bantuan mesin potong rumput untuk Kelompok Tani Kopi di Bondowoso. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat penerima bantuan. Kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan di Bondowoso sampai dengan priode September 2017 sebanyak 753 perusahaan dan 6.268 tenaga kerja,” ujarnya. 

Bantuan ini, lanjut Abdul Cholik merupakan wujud perhatian dan kepedulian BPJS kenegakerjaan terhadap masyarakat, terutama masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tidak tetap agar memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan menciptakan Iapangan kerja baru. 

“Bantuan alat mesin pertanian kepada kelompok tani juga sebagai bentuk tanggung jawab sosiaI BPJS Ketengakerjaan sesuai dengan kebutuhan usaha yang mereka Iakukan,” tambahnya. 

Sementara Bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Said Husni mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan untuk bantuan tersebut. Dia meminta masyarakat penerima bantuan memanfaatkan, menjaga dan merawat apapun jenis bantuan yang diterima.

“Digunakan secara bersama ketika bantuan itu diberikan untuk kelompok, bukan per orang. Program tanggung jawab sosial dan lingkungan BPJS Ketenagakerjaan sangat membantu masyarakat,” ujarnya. 

Bupati menyambut baik bantuan dari BPJS Ketenagakerjaaan cabang Bondowoso yang teIah membantu kelompok tani. Untuk itu, dia meminta agar kelompok tani memanfaatkan bantuan alat pertanian dengan baik sehingga usaha pertanian dapat meningkat,” tambahnya. 

Bupati berharap, semua komponen masyarakat yang telah memperoleh bantuan baik dari pemerintah maupun pihak pihak Iainnya, termasuk BPJS Ketenagakerjaan agar dapat merawat dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan.

“Masyarakat harus bisa merawat dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan,” pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *