Menentukan Jenis Kelamin Anak

  • Whatsapp

Oleh
DR dr. Robert Arjuna FEAS*
Melahirkan anak adalah sebuah harapan dan idaman sepasang suami istri tapi u tuk menentukan jenis kelamin adalah sebuah takdir ysng menentukan seperti apa yang sedang memperbincangkan jenis kelamin anak sewaktu saya lewat di ruangan persalinzn rumah sakit Sutomo Surabaya ,pak Deddy lagi bicara sama temannya yang juga sedang menunggu detik detik kelahiran istrinya diz berkata kali ini istri lahir “wedok mane’ yakni anak ya g kesemhilan cewek lagi karena setiap kali lahid semua perempuan diharapkan lahir punya anak yang berjenis kelamin laki,pak Tono menimpalkan bahwa kelahiran ke-6 anak tetap laki jadi punya 6 anak lanang kabeh memang susah mendapat anak perempuan lain hal dengan pak Kusno Amin bahwa istri baru lahir anak perempuan jadi kali ini klop sudah sepasangan anak laki dan perempuan walaupun berjarak 5tahun baru dapat. Dari perbincangan mereka sangat mengharapkan melahirkan jenis kelamin yang diharapkan.

Jenis kelamin manusia ditentukan berdasarkan komposisi kromosom seks ketika terjadi pembuahan.
Manusia memiliki 23 pasang kromosom, di mana satu pasang diantaranya adalah kromosom seks. Kromosom seks pada laki-laki terdiri dari X dan Y, sedangkan pada perempuan terdiri dari X dan X.

MEKANISME TERJADI ANAK LAKI MAUPUN PEREMPUAN
Ovum atau sel telur pada wanita selalu memiliki kromosom X, sedangkan sperma pada pria bisa memiliki kromosom X maupun Y.Ketika sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan, sperma yang nanti akan menentukan apakah janin memiliki jenis kelamin laki-laki atau perempuan.Sperma dengan kromosom Y akan menghasilkan anak laki-laki, sedangkan sperma dengan kromosom X akan menghasilkan anak perempuan.

Mencari tahu jenis kelamin bayi sangat wajar dilakukan sejak di dalam kandungan. Namun, menentukan jenis kelamin bayi dianggap sebagai hal yang mustahil dilakukan dan biasanya hanya berakhir sebagai mitos belaka.Namun, nyatanya, ada juga pasangan yang sukses mendapatkan bayi dengan jenis kelamin sesuai pilihannya. Meski akurasinya tidak 100%, tingkat keberhasilannya bisa dibilang cukup tinggi. Metode apa yang digunakan? Simak selengkapnya di bawah Untuk beberapa pasangan, memiliki anak laki-laki atau perempuan bukan menjadi masalah. Namun, ada pula pasangan yang ingin memiliki anak dengan jenis kelamin tertentu.

Ada berbagai alasan yang menyebabkan orang tua menginginkan anak dengan jenis kelamin tertentu, mulai dari preferensi masing-masing, sosial budaya, hingga masalah finansial (misalnya, anak laki-laki untuk meneruskan usaha keluarga).Alasan kesehatan, seperti adanya kelainan genetik yang bisa diturunkan orangtua kepada anak dengan jenis kelamin tertentu, juga bisa menjadi alasan serius bagi pasangan untuk bisa menentukan jenis kelamin anak mereka.

Oleh sebab itu untuk hasil yang lebih akurat sebaiknya kamu gunakan cara medis berikut ini:
1. USG setelah usia janin 18 minggu
2. Tes DNA setelah kehamilan berusia 10 minggu
3. Tes amniosentesis dan CVS di usia 11 minggu kehamilan
4. Prediktor detak jantung bayi, jika di atas 140 maka gendernya perempuan

Walsupu.n jenis kelamin itu takdir yang menentukan tapi ada beberapa hipotesa mengemukan bisa jadi pedoman untuk melahirkan jenis kelamin yang menentukan antara lain:
1. TEORI ASAM -BASA
Kenapa dewasa ini kelihatan anak yang dilahidkan adalah kebanyakan perempuan?Jawaban adlah bila sang calon ibu sedang mengandung suka memakan manisan yang bersifat asam anak yang dilahirkan adalzh jenis kelamin peremouan, ini dibuktikan bahwa darah calon ibu bersifat asam sehingga suasana di vagina juga bersifat asam,sel sperma yang akan membuahi srl telur di vagina menjadi asam, umumnya sel sperma yang me gandung chromosome x lebih tahan terhadzp suasana asam dan chromosome soerma Y duluan mati sehingga chromosome X hidup lama daripada Y. Maka terjadi pembuahan Chromosone X lebih banyak sehingga pembuahan Chromosome X ,dan anak yang dilahirkan anak perempuan, sebab itu dewasa ini kenapacalon ibu rata lahir anak perempuan sudah terjawab

2. WAKTU ORGASMUS
Bila pasangan suami istri dalam hubungan seksual apalagi lelaki lebih mendahului orgasmus perempuan maka anak yang dilahirkan umumnya perempuan sebab suasana vagina menjadi lebih asam dan sperma yang mengandung chromosome X lebih tahan hidup di sana ,sehingga pembushan pastimoleh chromosome X tadi,begitu sebaliknya bila perempuan dukusb orgasmus suasana nenjadi basa sehingga chromosone Y lebih tahan hidup maka anak yang dilahirkan adalah laki.
Demikian sekedar info .boleh dicoba pada hipotesa ini, selamat mencoba semoga anak yang dilahirkan menjsdi harapanmu semata.

Berikut ini adalah cara yang dapat diterapkan dalam metode Shettles untuk masing-masing jenis kelamin.
1. Jenis kelamin laki-laki
Sperma pembawa kromosom laki-laki ukurannya lebih kecil, pergerakannya lebih cepat, tetapi memiliki usia yang lebih singkat dibanding sperma pembawa kromosom perempuan.Berkat sifat tersebut, Shettles berpendapat bahwa waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual jika ingin memiliki anak laki-laki adalah ketika sudah tiba waktu pelepasan sel telur (ovulasi) hingga 2-3 hari setelahnya.
Dengan begitu, sperma laki-laki akan lebih cepat membuahi sel telur, dibandingkan sperma perempuan.

2. Jenis kelamin perempuan
Berbeda dari sperma laki-laki, sperma perempuan memiliki usia yang lebih panjang dibandingkan dengan sperma laki-laki, tetapi pergerakannya lebih lambat.Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual adalah beberapa hari sebelum dan setelah terjadinya ovulasi.Artinya, Anda bisa langsung melakukan hubungan seksual setelah periode menstruasi selesai. Tujuannya agar hanya sperma perempuan yang berusia lebih panjang yang akan membuah sel telur.

METODE LAIN
1. Inseminasi buatan
Untuk melakukan inseminasi buatan, sperma akan ditempatkan lebih dekat dengan lokasi tempat terjadinya pembuahan (pertemuan antara sperma dengan ovum).Metode inseminasi buatan yang sering dilakukan adalah inseminasi intrauterin. Dengan menggunakan alat khusus berbentuk tabung kecil, dokter akan memasukkan sperma langsung ke dalam rahim.

2. Bayi tabung
Berbeda dengan inseminasi buatan, pembuahan pada metode bayi tabung terjadi di luar rahim.Dokter akan meminta Anda untuk mengonsumsi obat pemicu kesuburan agar Anda menghasilkan lebih dari satu sel telur.Sel telur yang dihasilkan akan diambil dan dipertemukan dengan sperma di dalam sebuah cawan petri.
Setelah 3-5 hari, hasil pembuahan yang sekarang telah menjadi embrio akan dimasukkan ke dalam rahim.
Biasanya, jika usia Anda di bawah 35 tahun dan dalam kondisi sehat, jumlah embrio yang akan ditanam tidak lebih dari dua.Kedua metode tersebut terlihat berbeda, tetapi ada satu tahapan yang sama, yaitu memilih jenis kelamin sperma yang diinginkan. Ada beberapa metode yang dapat digunakan, salah satunya adalah metode swim up.

Ingin mencari tahu jenis kelamin bayi sebelum USG? Kalau begitu, kamu bisa coba melakukan perhitungan dengan menggunakan kalender Cina simak caranya dalam artikel berikut ini.Sejak dahulu banyak yang percaya bahwa Kalender Kehamilan bisa membantu memprediksi jenis kelamin bayi.Kalender tersebut ditemukan terkubur di sebuah makam kuno kerajaan sekitar 700 tahun silam.
Bentuknya berupa bagan dengan dua nilau yang berbeda, yakni usia bulan ibu ketika hamil serta bulan konsepsi lunar Cina.Menentukan Jenis Kelamin Bayi dengan Kalender Kehamilan

1. Cara Menghitung Kalender Kehamilan Cina
Jika mengecek jenis kelamin dengan USG, kamu harus menunggu setidaknya hingga trimester kedua. Sementara apabila menggunakan kalender Cina kamu bisa memprediksinya bahkan sejak trimester pertama.
Kamu hanya perlu tahu kapan siklus masa subur berlangsung serta mencatat hari pertama menstruasi terakhir.Kemudian ikuti langkah berikut ini untuk mengeceknya:
Tulis bulan terjadinya pembuahan
Catat usiamu ketika pembuahan berlangsung
Cek kecocokannya dengan bagan kalender kehamilan

2. Bagan Kalender Kehamilan Cina
Di arah horizontal kamu bisa melihat urutan bulan dalam satu tahun, mulai dari bulan Januari hingga Desember.Sementara secara vertikal terdapat angka usia calon ibu mulai dari 18 sampai 45 tahun, Kemudian di bagian tengah bagan ada warna biru yang melambangkan laki-laki serta warna pink yang melambangkan perempuan.Lingkari bulan pembuahan di bagian horizontal dan usiamu di bagian vertikal, lalu tarik garis dari kedua titik tersebut.Titik yang menjadi pertemuan kedua garis ini akan menunjukkan gender bayi yang sedang kamu kandung.

Kakulator jenis kelamin bayi kerap dicari para calon orang tua. Jenis kelamin bayi merupakan hal yang kerap bikin orang tua penasaran. Menggunakan kalkulator jenis kelamin bayi diyakini bisa membantu prediksi kelahiran buah hati.Menurut American Pregnancy, sebuah studi pada 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Obstetrics and Gynecology menyimpulkan bahwa setidaknya 69% orang tua ingin tahu: 77,8% karena penasaran, 68% hanya ingin tahu, dan 66,8% karena teknologi saat ini memungkinkan. Ini sebabnya, banyak yang mencari kalkulator jenis kelamin bayi.

Kalkulator jenis kelamin bayi yang paling terkenal berasal dari negeri Tiongkok. Kalkulator jenis kelamin bayi ini bahkan sudah digunakan sejak 700 tahun silam. Dengan kalkulator jenis kelamin bayi, orang tua bisa mempersiapkan kelahiran buah hati dengan lebih matang.Namun, keakuratan kalkulator jenis kelamin bayi juga perlu dipertimbangkan. Seperti apa cara memprediksi jenis kelamin bayi dan bagaimana keakuratannya?
RobertoNews 1441 《3.6.22(06.00)》
*Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait