Mengenal Jenis-Jenis Hepatitis

  • Whatsapp

Oleh :
DR. Dr. Robert Arjuna FEAS
Saudaraku, now semua orang terfokus pada penyakit covid yang mencekam ,kami yakin pandemi ini akan menjadi endemi nantinya seperti Hepatitis yang berlangsung periodik dan tidak mencekam kayak covid dewasa ini. Semua ini karena infeksi virus yang terus bermutasi yang sampai saat ini belum ada obat antinya.
Tomorrow, World Hepatitis Day is coming back!! Tahun ini, tepatnya tanggal 28 Juli merupakan tahun ke-13 perayaan Hari Hepatitis Sedunia. Bukan sekadar perayaan, namun hari ini juga merupakan saat untuk mengingatkan warga dunia akan bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit hepatitis dan betapa banyaknya penderita hepatitis di dunia sekarang ini.

Untuk memperingati hari kelahiran Professor Baruch Blumberg, penerima hadiah Nobel atas karyanya dalam menemukan Virus Hepatitis B, World Hepatitis Alliance menetapkan tanggal 28 Juli sebagai Hari Hepatitis Sedunia.

Hari Hepatitis Sedunia pertama kali diluncurkan pada tahun 2008. Berangkat dari timpangnya kesadaran negara akan infeksi virus hepatitis dibandingkan penyakit lain seperti HIV/AIDS, tuberculosis, dan malaria. Peran serta kita sebagai masyarakat sangat diperlukan sehingga tercipta kesadaran akan infeksi virus Hepatitis C dan B, dan pada akhirnya akses terhadap pencegahan, pemeriksaan dan pengobatan hepatitis C dan B yang lebih baik dapat tercipta.

Apa itu Hepatitis?
Hepatitis suatu peradangan pada liver bengkak n berbagai komplikasi mengancam keselamatan jiwa. Bila tidak ditangani secara cepat n tepat,

Hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor penyebab penyakit hepatitis ini antara lain adalah infeksi virus, gangguan metabolisme, konsumsi alkohol, penyakit autoimun, hasil komplikasi dari penyakit lain, efek samping dari konsumsi obat-obatan maupun kehadiran parasit dan bakteri dalam hati. Dari sekian banyak faktor, virus menduduki peringkat pertama sebagai penyebab paling banyak penyakit hepatitis.

Di dunia ini tercatat 5 jenis Hepatitis
1. Hepatitis A
2. Hepatitis B, 3.Hepatitis C 4.HepatitisD 5.Hepatitis E
Walaupun kelima virus tersebut dapat menghasilkan gejala yang mirip dan memiliki efek yang sama, masing-masing memiliki keunikan dalam cara penularan dan dampaknya terhadap kesehatan.

1.Hepatitis A (HAV)
Hepatitis A adalah satu-satunya hepatitis yang tidak serius dan sembuh secara spontan tanpa meninggalkan jejak. Anda mungkin merasa seperti terkena fu, mual, lemas, kehilangan nafsu makan, nyeri perut dan ikterik (mata/kulit berwarna kuning, tinja berwarna pucat dan urin berwarna gelap) atau mungkin tidak merasakan gejala sama sekali Penyakit ini bersifat akut, hanya membuat kita sakit sekitar 1 sampai 2 minggu.

Virus Hepatitis A (HAV) yang menjadi penyebabnya sangat mudah menular, terutama melalui makanan dan air yang terkontaminasi oleh tinja orang yang terinfeksi.
Hepatitis A dapat menyebabkan
1.pembengkakan hati, tetapi jarang menyebabkan kerusakan permanen. . 2.menghilang sendiri setelah beberapa minggu.
3.mencegah infeksi HAV, ada vaksin hepatitis A untuk menangkal.

2.Hepatitis B (HBV)
90% kasus HBV menghilang secara alami, tetapi pada 10% kasus lainnya virus tersebut tetap bertahan dan mengembangkan penyakit kronis, yang kemudian bisa menyebabkan sirosis atau kanker hati. Banyak bayi dan anak-anak yang terkena hepatitis B tidak betul-betul sembuh, sehingga mendapatkan masalah liver di usia dewasa. Anda perlu berhati-hati dengan virus HBV karena dapat ditularkan oleh orang yang sehat (yang tidak mengembangkan penyakit hepatitis B) tetapi membawa virus ini.Ciri khas Hepatitis B ini adalah
1. jenis penyakit liver berbahaya dan dapat berakibat fatal.
2. ditularkan melalui hubungan seksual, darah peralatan medis yang tidak steril 3.ibu ke anak pada saat melahirkan.
1. seringkali tidak menimbulkan gejala. Bila ada gejala, keluhan yang khas dirasakan adalah nye dan gatal di persendian, mual, kehilangan nafsu makan, nyeri perut, dan ikterik.
2. Hepatitis B dapat ditangkal dengan vaksin.

3.Hepatitis C (HCV)
Pada sebagian besar pasien (70% lebih), virus HCV terus bertahan di dalam tubuh sehingga mengganggu fungsi liver. Evolusi hepatitis C tidak dapat diprediksi. Infeksi akut sering tanpa gejala (asimtomatik). Kemudian, fungsi liver dapat membaik atau memburuk selama beberapa bulan atau bahkan bertahun- tahun. Pada sekitar 20% pasien penyakitnya berkembang sehingga menyebabkan sirosis. Ciri khas Hepatitis C :
1. menular terutama melalui transfusi darah.
2. ditularkan terutama melalui penggunaan jarum suntik, pembuatan tato . 3.melalui hubungan seksual dan dari ibu ke anak saat melahirkan, 4.hepatitis C lebih berbahaya karena virusnya sulit menghilang.
5.belum ada vaksin yang dapat melindungi kita terhadap hepatitis C.

4.Hepatitis D (HDV)
Hepatitis D disebut virus delta, adalah virus cacat yang memerlukan pertolongan virus hepatitis B untuk berkembang biak sehingga hanya ditemukan pada orang yang terinfeksi hepatitis BnDiperkirakan sekitar 15 juta orang di dunia yang terkena hepatitis B (HBsAg +) juga terinfeksi hepatitis D. Infeksi hepatitis D dapat terjadi bersamaan (koinfeksi) atau setelah seseorang terkena hepatitis B kronis (superinfeksi). Orang yang terkena koinfeksi hepatitis B dan hepatitis D mungkin mengalami penyakit akut serius dan berisiko tinggi mengalami gagal hati dan berpeluang besar (70% d- 80%) menjadi sirosis.
.Ciri ciri khas:
1. paling jarang tapi paling berbahaya dari semua virus hepatitis.
2. tidak ada vaksin hepatitis D, namun dengan mendapatkan vaksinasi hepatitis B maka otomatis Anda akan terlindungi dari virus ini
3. HDV tidak mungkin hidup tanpa HBV.

5.Hepatitis E (HEV)
penderita hepatitis E sembuh tanpa penyakit jangka panjang. Pada sebagian sangat kecil pasien (1-4%), terutama pada ibu hamil, hepatitis E menyebabkan gagal hati akut yang berbahaya,Ciri ciri khas Hepatitis E adalah :
1.Hepatitis E mirip dengan hepatitis A.
2 ditularkan melalui kotoran manusia ke mulut dan menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. .
Saat ini belum ada vaksin hepatitis E yang tersedia
Demikian ulasan singkat pengetahuan tentang Hepatitis mari kita wujudkan sebuah himbauan Penerintah kita di Hari Hepatitis sedunia :” Eliminasi Hepatitis menuju Keluarga Sehat. Selamatkan Generasi Penerus Bangsa. !” Semoga……
Sekilas info,Semoga bermanfaat RobertoNews1001 《27.7.21(19,30)》
· Praktisi Dokter dan Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait