Menjadi Provinsi Sepakbola, Empat Syarat Harus Dipenuhi

  • Whatsapp

Untuk menjadi Provinsi Sepak Bola, ada empat syarat yang harus dipenuhi oleh Jawa Timur. Pertama, harus ada perserikatan sepak bola, kedua harus ada sponsor, ketiga harus ada pertandingan, dan yang ke-empat harus ada penonton. Ke-empat potensi ini , harus benar-benar dipenuhi oleh provinsi Jawa Timur.

Pernyataan tersebut disampaikan Wagub Jatim, Drs. Saifullah Yusuf, didepan para wartawan seusai menyerahkan bola kepada pemain Persekapas dan Persekapro di Stadion R. Sudrasono Bangil, Pasuruan. Sebagai tanda dimulainya pertandingan Liga 3 Kapal Api PSSI Jawa Timur.

Menurut Gus Ipul, sebenarnya keempat potensi itu sudah dimiliki Jawa Timur dan alhamdulillah Provinsi Jawa Timur sangat banyak memiliki persatuan sepak bola. Hampir semua Kabupaten/Kota di jatim pasti memiliki persatuan sepak bola. Sementara di propinsi lain, persatuan sepak bolanya tidak sebanyak yang ada di jatim . Ditambah lagi dengan pertandingan yang diadakan di Jatim dalam setahun lebih dari 500 kali. Ini merupakan potensi dan modal yang sangat besar, untuk persepak bolahan.

Kalau pertandingannya saja diadakan lebih dari 500 kali di tahun 2017 ini, otomatis seporter atau penontonnyapun pasti banyak. Kalau sudah penontonnya banyak, berarti tinggal mengajak dan menghimbau agar para seporter ini tidak semaunya sendiri tapi harus memenuhi kreteria. Yakni seporternya harus disiplin, sopan dan ber-etika dan berkarakter. Jadi, setiap ada pertandingan atau Liga sepak bola seporternya psortif dan bijaksana dalam menonton tidak anargis dan tawuran.

Ditambahkan, kalau pertandingan sepak bola sudah sering di adakan dan penontonnyapun sudah banyak, maka yang harus terus dijalin dan dikembangkan lagi oleh persepak bolaan adalah mencari sponsor agar sepak bola di jatim bisa terus Eksis. Dan sekarang, sudah dibuktikan oleh persepak bolaan jatim, yakni dengan masuknya sponsor Kapal Api dalam pelaksanaan Liga 3 PSSI Jawa Timur ini. Semoga kedepan akan lebih banyak lagi sponsor-sponsor lain yang mau masuk dan mensponsori pertandingan sepak bola di Jawa Timur.

Sementara itu ditempat yang sama Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan, Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim yang diadakan di Bangil Pasuruan ini diharapkan mampu mengembalikan nama Pasuruan dalam persepakbolaan Jatim. Mengapa, karena Pasuruan dulu pernah mengalami kejayaan dalam sepak bola.Semoga dengan dilaksanakan pertandingan sepak bola antar klab yang ada di kab/Kota ini Pasuruan mampu merebut kembali kejayaannya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *