Mensos RI Serahkan PKH dan Rastra di Kabupaten Sumenep

  • Whatsapp
Menteri sosial Idrus Marham didampingi Bupati Sumenep, DR. KH. A. Busyro Karim, MSi. berbaur bersama masyarakat penerima manfaat

SUMENEP, beritaLima – Menteri Sosial Idrus Marham menyerahkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) kepada masyarakat Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur pada Minggu (4/ 03/ 2018) dipendopo Agung Keraton Sumenep.

“Program Keluarga Harapan dan bantuan sosial Rastra dimaksudkan untuk membantu mengurangi beban pengeluaran keluarga, sekaligus meningkatkan investasi masa depan melalui peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan anak-anak,” ujar Idrus Marham di hadapan para penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan dan Rastra.

Sebagai program bantuan bersyarat, Program Keluarga Harapan mampu membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan dan fasilitas layanan pendidikan yang tersedia di sekitar mereka.

“Manfaat Program Keluarga Harapan juga didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI,” ujarnya.

Menteri juga yakin program bantuan sosial Rastra sebagai transformasi dari Beras untuk Keluarga Miskin (Raskin) mampu mengurangi kemiskinan dan menjaga laju inflasi.

“Saya pastikan Beras Sejahtera yang diberikan tidak seperti program beras raskin. Beras Sejahtera berkualitas medium dan sangat layak dikonsumsi masyarakat. Pelaksanaan proram Rastra sangat penting, karena naik turunnya angka kemiskinan dan inflasi, jauh lebih besar ditentukan komoditi makanan dibanding non makanan” ucap Idrus Marham.

Idrus optimistis Program Keluarga Harapan dan bantuan sosial Rastra sangat efektif dalam menurunkan angka kemiskinan dan ketimpangan sosial.

Sehingga dalam jangka panjang bisa memutus mata rantai kemiskinan. Data Badan Pusat Staitistik menunjukan, pada tahun 2016 tingkat kemiskinan mencapai 27,77 juta jiwa. Tahun 2017 turun menjadi 26,58 juta jiwa.

Pada proses penyerahan Program Rastra dan PKH, Menteri sosial RI Idrus Marham menjadi pemandu atau Protokoler dan mengarahkan Pejabat tinggi jawa timur dan pejabat Sumenep dan BUMN. Pertama Mensos menunjuk Bupati Sumenep DR. H. A. Busyro Karim, MSi menyerahkan bantuan kepada penerima manfaat, dilanjtkan kepada Kapolres, Dandim, Kadis sosial propinsi Jawa Timur, Kabulog, Sekda, Kepala dinas sosial kabupaten Sumenep serta direktur bank Mandiri cabang Sumenep.

“Pada program PKH, Rastra maupun bansos lainnya agar dikawal bersama agar tidak terjadi penyimpangan – penyimpangan”, pungkas Menteri yang beberapa waktu lalu dilantik ini.

Sementara penerima rastra secara simbolis hari ini di pendopo Keraton Sumenep sebanyak 550 orang. Sedangkan penerima manfaat PKH sebanyak 550 orang.

(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *