Meski Kabar Kematian Covid Turun, Tetap Jaga Kesehatan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Kabar duka atau kematian akibat Covid-19 belakangan mulai reda. Kalau toh masih ada tidak sekerap sebelumnya. Alhamdulillah. Mudah-mudahan ini terus berangsur positif hingga tidak ada lagi kabar keluarga atau saudara, teman, tetangga dan orang yang kita kenal meninggal karena Covid.

Akan tetapi, benarkah virus penyebab Covid-19 itu sudah mulai sirna dari wilayah negeri yang kita huni ini? Di sisa was-was ini, ayo terus jaga kesehatan. Hanya itu yang bisa kita lakukan, karena hingga saat ini belum ada vaksin yang bisa 100% mencegah penularan Covid-19.

Menjaga kesehatan yang dimaksud penulis termasuk di dalamnya menerapkan protokol kesehatan. Berikut adalah tindakan-tindakan yang harus kita lakukan agar tidak tertular atau menularkan virus penyakit termasuk virus Covid-19.

Pertama, jaga kebugaran tubuh dengan berolahraga atau beraktifitas fisik agar sistem imunitas/ kekebalan tubuh meningkat.

Biasakan berjemur sekitar 30 menit setiap hari di kisaran pukul 09.00. Berjemur yang baik, kulit harus terkena langsung sinar matahari, tidak tertutup kain setipis apapun. Jangan malas berjemur langsung hanya karena takut kulit jadi hitam.

Terus, tetap harus selalu rajin cuci tangan menggunakan air dan sabun. Mencuci tangan sampai bersih dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan. Penyebaran virus penyakit kebanyakan bersumber dari tangan.

Selain itu, kalau kita batuk atau bersin, upayakan menjaga lingkungan atau tidak menyebarkan virus. Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau masker, bukan dengan telapak tangan. Inilah salah satu gunanya pakai masker, tidak menyebarkan virus saat batuk atau bersin.

Tindakan lain, jaga jarak minimal satu meter saat berbicara dengan orang lain, terutama dengan orang yang sedang menderita batuk, pilek/bersin dan demam. Saat seseorang terinfeksi penyakit saluran pernafasan seperti batuk/bersin dapat menghasilkan droplet yang mengandung virus. Jika kita terlalu dekat, virus dapat terhirup oleh kita.

Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut. Tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus. Jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita.

Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika sedang sakit atau berada di tempat umum. Buang masker yang sudah digunakan ke tempat sampah, lalu cucilah tangan pakai sabun.

Selain tetap terus membiasakan diri dengan semua itu, untuk mencegah Covid, jangan biarkan perut dalam kondisi kosong atau terlambat makan. Usahakan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, telur, ikan laut, susu, dan minuman suplemen yang mengandung vitamin. (Mochamad Ganefodin)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait