Misi Kemanusiaan ke Lombok, Relawan LIRA Melalui Jalur Darat

  • Whatsapp

PROBOLINGGO, BeritaLima – Relawan LIRA Probolinggo Jawa Timur, secara resmi diberangkatkan oleh Walikota Lira Probolinggo Eko Prasetyo. Selasa (7/8).

Tugas yang telah diamanatkan oleh DPW LIRA Jatim tersebut menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi tim relawan LIRA Kota Probolinggo.

Seperti dalam press relise yang diterima redaksi, bahwa secara bergelombang LIRA Jawa Timur akan memberangkatkan anggotanya ke lokasi gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Terima kasih kami dipercaya sebagai tim pertama yang ditugaskan membantu evakuasi korban hempa di Lombok” Ujar Bambang Hartono sesaat sebelum diberangkatkan dari Kantor Lira Probolinggo dikawasan Plaza Kota Probolinggo.

Sebelum pemberangkatan, sejumlah pengurus dan relawan Lira melakukan aksi pengumpulan sumbangan kepada masyarakat dan pengelola toko di Plaza Kota Probolinggo.

Sekda Lira Kota Probolinggo Louis Hariona, ditunjuk oleh DPW Sebagai Koordinator Tim Relawan Lira selama bertugas di lokasi bencana.

Tim pertama beranggotakan 6 Orang dan 1 unit Ambulan, akan melalui jalur darat menempuh jarak 504KM dan diperkirakan menempuh waktu 16 Jam dengan rute Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, PL. Ketapang – PL. Gilimanuk, Bali, PL. Padang Bai – PL. Lembar, Lombok NTB.

Pilihan menempuh jalur darat, bukan tanpa alasan karena saat ini dilokasi gempa masih membutuhkan alat kesehatan/medis dan evakuasi reruntuhan bangunan.

Seperti di Kab. Lombok Utara ada beberapa desa yang masih terisolir, karena jalan akses rusak parah tidak dapat dilalui kendaraan.

Walikota Lira Probolinggo Eko Prasetyo, melepas relawan Lira dengan penuh simpati dan haru “selamat bertugas saudara-saudaraku, hati2 dijalan semoga diberikan kelancaran dan pastinya bernilai ibadah” ujar Eko.

Setelah keberangkatan relawan Lira gelombang pertama, direncanakan lusa (Jum’at/10/8) juga akan diberangkatkan 6 orang melalui jalur udara.

“kami masih berkoordinasi dengan TNI, semoga bisa ikut pesawat Hercules sehingga tidak membutuhkan banyak biaya, karena ini adalah aksi kemanusiaan” Pungkas Bambang Assraf Wagub Lira Jatim. (IK)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *