Musim Haji tahun 2019, Kuota haji Kabupaten Halbar Bertambah

  • Whatsapp

JAILOLO,beritaLima.com – Kuota Haji di Halmahera Barat (Halbar) tahun ini bertamba 22 orang. Sebelumnya kuota Haji di Halbar hanya 68 orang, namun berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku Utara (Malut) nomor : 360 /KPTS/MU/2019, tentang  perubahan keputusan  gubernur maluku utara nomor 208/KPTS/MU/2019 Tentang penetapan kuota  Haji kabupaten/kota Se-maluku utara tahun 1440 hijria atau 2019 masehi, maka kuota haji di halbar bertambah 22 orang, sehingga tahun ini Jamah Calon Haji (CJH) dari halbar menjadi 90 orang.”Jadi untuk tahun ini, kuota haji untuk halbar totalnya menjadi 90 orang,”ungkap Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakankemenag) Halbar H. Idris ketika dikonfirmasi Minggu (16/06/2019).

Sementara untuk keberangkatan CJH dari Halbar, kata Idris, sesuai hasil rapat koordinasi yang dilakukan di Asrama Haji Ternate beberapa waktu lalu, CJH asal Halbar berangkat ke Ternate tanggal 9 Juli, dari Ternate ke Asrama Haji Sugiang Makasar tanggal 10 Juli dan tanggal 11 Juli, dari Bandara Hasanuddin Makasar, CJH bertolak menuju Madina.”Insa Allah tidak ada perubahan, maka tanggal 9 juli CJH sudah ke Ternate. CJH Halbar masuk kloter 7 jadi bergabung dengan CJH asal Kota Tidore, Halmahera Timur dan Kepulauan Sula,”katanya.

Sementara manasik haji, lanjut Idris, saat ini sudah dilakukan ditingkat Kecamatan yang dipusatkan di Kecamatan Jailolo, jadi setelah manasik haji tingkat kecamatan, barulah dilakukan napak tilas manasik haji tingkat Kabupaten.”Jadwal manasik haji tingkat kabupaten belum kita tentukan, karena saat ini masih haji masih berlangsung ditingkat kecamatan,”jelasnya.

Untuk jumlah Calon Jamah Haji (CJH) yang telah mendaftar di halbar saat ini, sudah mencapai 1.007 orang, sehingga untuk daftar tunggu sudah mencapai 11 tahun.”Kalau mendaftar sekarang, maka 2030 baru bisa berangkat ke tanah suci,”pungkasnya. (Ay)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *