Ninja Xpress dan Kamibox Bantu Kurangi Sampah Dari Belanja Online

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com | Wujudkan komitmen siap mendukung aktivitas e-commerce yang bertanggung jawab dan membantu memberikan solusi dari permasalahan jumlah sampah yang semakin meningkat, Ninja Xpress bersama Kamibox sejak 2020 berhasil mengumpulkan hingga 160.000 kg sampah kardus dan karung untuk didaur ulang.

Menurut data Kamibox, upaya ini diperkirakan telah membantu penyelamatan lebih dari 400 pohon, pengurangan sekitar 400 ton gas CO2, pengurangan kebutuhan lebih dari 20.000 m3 lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), penghematan sekitar 900.000 kWh energi, dan hingga 11.000 kiloliter air.

Melihat dampak positif yang dihasilkan dari pengumpulan dan pendaurulangan sampah ini, Ninja Xpress bersama Kamibox mengajak masyarakat Indonesia di seluruh daerah untuk turut berkontribusi dalam mengurangi sampah aktivitas e-commerce.

“Ninja Xpress menyadari bahwa ada dampak dari aktivitas e-commerce terhadap lingkungan yang tidak bisa diabaikan. Maka dari itu sejak 2020 Ninja Xpress sudah memulai membantu pengurangan sampah tersebut bersama Kamibox dan kini kami menghimbau agar para UKM/shipper maupun shopper di seluruh Indonesia juga turut berkontribusi dalam pengurangan sampah rumah tangga hasil dari belanja online,” kata Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress, Sabtu (6/8/2022).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat, sampah nasional Indonesia pada 2021 telah mencapai 68,5 ton. Sementara itu pada 2020, studi yang dilakukan Pusat Penelitian Oseanografi dan Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukan bahwa kegiatan belanja online mayoritas warga Jabodetabek selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Work from Home (WFH) meningkat dari satu hingga lima kali dalam sebulan menjadi satu hingga 10 kali dalam sebulan.

Lie Mangkusatya, Director Kamibox, menyatakan apresiasinya terhadap Ninja Xpress. “Kami sangat senang sekali Ninja Xpress sudah bertanggung jawab dan siap membantu untuk mengurangi pencemaran lingkungan dengan mengambil langkah pengurangan sampah yang berkelanjutan. Dengan kerjasama ini sampah yang masuk TPA akan berkurang, apalagi daya tampung TPA kian hari makin terbatas,” ujar Lie.

Dalam sekali penjemputan ke gudang Ninja Xpress yang dilakukan setiap minggu, Kamibox dapat mengangkut sekitar 500 – 800 kg sampah kardus dan karung. Sampah yang terkumpul kemudian akan dikirimkan ke pabrik daur ulang untuk diproduksi menjadi lembaran kardus atau karung baru lagi.

Kamibox hingga saat ini sudah bekerjasama dengan tiga hingga empat pabrik daur ulang yang ada di Jakarta untuk mengolah sampah – sampah tersebut. Kegiatan yang baru dilakukan di sekitar Jakarta dan sekitarnya ini tentu dampaknya akan lebih besar jika seluruh pelaku e-commerce di daerah lain turut berpartisipasi.

Kamibox menerima kumpulan sampah berupa kardus, karung, kertas, plastik, botol kaca, hingga minyak jelantah. Sejauh ini penjemputan baru dapat dilakukan di area Jakarta dan sebagian Tangerang dengan minimal berat 50 kg atau diantar langsung tanpa berat minimal ke gudang Kamibox di Jakarta Barat. (Gan)

Teks Foto: Sampah kardus dan karung dari belanja online yang terkumpul di gudang Ninja Xpress.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait